Jokowi Beri Arahan ke AHY terkait Erupsi Gunung Ruang: Urus Tanah untuk Relokasi Penduduk

  • 05 Mei 2024 01:23:51
  • Views: 3

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan kepada Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terkait erupsi Gunung Ruang. Arahan itu disampaikan Jokowi dalam rapat terbatas mengenai erupsi Gunung Ruang di Istana Negara, Jakarta, Jumat (3/5/2024). 

Jokowi meminta AHY menyelesaikan urusan pertanahan untuk relokasi penduduk yang terdampak erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara.

Baca Juga

Jokowi Gelar Rapat Bahas Erupsi Gunung Ruang, Minta Selesaikan Urusan Pengungsi

"Pastikan bahwa lokasi yang dituju sudah clean and clear. Ini nanti Pak Menteri ATR, lapangannya dilihat betul. Kemudian juga pendanaan yang dibutuhkan untuk pembangunan infrastruktur serta juga skema bantuan selama relokasi," kata Jokowi.

Presiden menekankan identifikasi bangunan yang rusak dan infrastruktur yang terdampak erupsi Gunung Ruang. Termasuk menghitung berapa anggaran yang dibutuhkan.

Baca Juga

PUPR Bakal Relokasi 310 Rumah Warga Terdampak Erupsi Gunung Ruang

"Yang paling penting identifikasi beberapa bangunan yang rusak dan infrastruktur yang terdampak, baik itu sekolah, rumah sakit ataupun jembatan, dan kalkulasi anggaran yang dibutuhkan," kata Jokowi.

Sementara itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bakal merelokasi rumah-rumah warga yang terdampak erupsi Gunung Ruang. Relokasi tersebut tidak hanya berkaitan dengan rumah yang rusak, tetapi juga wilayah permukiman yang saat ini masih menjadi titik rawan bencana akibat aktivitas vulkanik.

"Saya sudah mendapatkan datanya ada 310 rumah yang perlu direlokasi dampak Erupsi Gunung Ruang," ujar Basuki saat ditemui iNews.id, Jumat (3/5/2024).

Editor : Reza Fajri


Sumber: https://www.inews.id/news/nasional/jokowi-beri-arahan-ke-ahy-terkait-erupsi-gunung-ruang-urus-tanah-untuk-relokasi-penduduk
Tokoh





Graph