Ilmuwan China Di Balik Covid-19 Diusir dari Laboratoriumnya

  • 05 Mei 2024 00:55:59
  • Views: 1


Rangkaian genom itu didapatkannya dari para pasien di kota Wuhan tempat wabah pertama kali terdeteksi.

Walaun peranannya begitu bagi China dan seluruh dunia namun ilmuwan ini jauh dari penghormatan yang seharusnya dia dapatkan dari pemerintahan China.

Awal pekan ini laboratorium Zhang di Shanghai tiba-tiba ditutup pemerintah. Dia juga dilarang masuk ke Pusat Klinik Kesehatan Masyarakat Shanghai.

Sebagai protes, Zhang yang kini berusia 59 tahun menghabiskan dua malam tidur di luar laboratoriumnya.

Foto Zhang tidur di depan pintu laboratorium dengan dijaga empat polisi China beredar di jejaring media sosial Weibo. Hari Rabu (2/5), Zhang dan stafnya diizinkan kembali untuk memasuki laboratorium.

“Untuk sementara telah disepakati untuk membiarkan penelitian normal dilanjutkan di laboratorium kami, dan anggota tim sekarang bebas masuk untuk sementara waktu,” tulis Zhang di Weibo.

Namun, ia menambahkan bahwa relokasi laboratorium di masa depan, penelitian mahasiswanya, dan kolaborasi antara timnya dan pusat kesehatan “menghadapi masalah yang akan dikomunikasikan dan diselesaikan lebih lanjut”.

Publikasi genom Sars-CoV-2 yang dilakukan Zhang di bulan Januari 2020 membantu mempercepat pengembangan vaksin Covid-19  baik oleh China maupun negara-negara lain. Dengan kata lain secara tidak langsung Zhang telah menyelamatkan banyak nyawa. Di tahun 2020 itu juga Majalah Nature menobatkan Zhang sebagai salah satu orang paling berpengaruh di dunia.

Namun, disebutkan bahwa publikasi itu dilakukan Zhang tanpa persetujuan pemerintah, dan kariernya memburuk.

Dalam postingan di Weibo pada hari Minggu (28/4), seorang pengguna yang mengaku sebagai murid Zhang mengatakan bahwa pekerjaan tim tersebut telah berulang kali dihalangi oleh Pusat Klinis Kesehatan Masyarakat Shanghai. Termasuk penelitian untuk melacak asal usul virus Covid-19.

Menurut South China Morning Post, unggahan itu telah dihapus.

South China Morning Post mengatakan, sejauh ini belum dapat memverifikasi tuduhan tersebut.

Pada hari Senin, Zhang mengatakan di Weibo bahwa timnya mendapatkan informasi bahwa laboratorium perlu direnovasi dan mereka dilarang memasuki fasilitas tersebut sejak Minggu pagi. Postingan itu juga kemudian dihapus.

Siswa Zhang mengatakan di media sosial bahwa dia duduk di luar lab dari Minggu malam hingga dia diizinkan masuk pada Selasa malam.

Foto-foto yang diterbitkan oleh media menunjukkan penjaga keamanan ditempatkan di luar laboratorium Zhang pada satu titik, menghalangi semua orang yang masuk.

Foto-foto tersebut dengan cepat memicu diskusi dan simpati luas di media sosial, menduduki puncak daftar pencarian terpopuler di Weibo untuk sementara waktu.

“Apakah ini cara Shanghai memperlakukan peneliti?” tulis salah satu komentar yang mendapat ribuan tombol suka.

Komentar populer lainnya mengatakan “tidak bermoral” membiarkan “seseorang yang tidak melakukan kesalahan apa pun” tidur di luar.

Beberapa artikel media daratan berdasarkan wawancara dengan Zhang dibaca lebih dari 100 ribu kali.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Senin, Pusat Klinik Kesehatan Masyarakat Shanghai mengatakan beberapa laboratoriumnya perlu direnovasi dan “ditutup untuk pekerjaan konstruksi demi alasan keselamatan”.

Tim Zhang telah diberikan “ruang kantor dan laboratorium alternatif”, katanya.

Namun unggahan di Weibo yang ditulis oleh Zhang dan murid-muridnya khawatir pemindahan perangkat kerja dari laboratorium ke tempat sementara berpotensi risiko keamanan hayati.

Sementara Fan Xiaohong, sekretaris partai untuk pusat penelitian di Shanghai yang didanai pemerintah, mengatakan kepada media China pada hari Selasa (2/5) bahwa kontrak Zhang telah berakhir tetapi “dia menolak untuk pergi”.

Zhang membantah klaim tersebut, dengan mengatakan dalam sebuah postingan media sosial pada hari yang sama bahwa meskipun kontraknya dengan pusat tersebut secara resmi berakhir tahun lalu, anggota timnya telah diperbarui dan mereka masih berhutang “dana penelitian” dan “bonus kertas” untuk karya akademis yang diterbitkan.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.


Sumber: https://rmol.id/dunia/read/2024/05/04/619158/ilmuwan-china-di-balik-covid-19-diusir-dari-laboratoriumnya
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google, Weibo,
ministries Polisi,
products vaksin,
nations Republik Rakyat Cina,
cities Shanghai, Wuhan,
cases covid-19,