Tips Lolos Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 67, Hindari Mendaftar pada Akhir Pekan

  • 05 Mei 2024 01:06:21
  • Views: 3

PIKIRAN RAKYAT - Pendaftaran program Kartu Prakerja Gelombang 67 ditutup pada Senin, 6 Mei 2024 pukul 23.59 WIB. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan calon peserta jika ingin lolos seleksi Gelombang 67, berikut ulasannya:

Tips Lolos Seleksi Prakerja

Bagi sebagian orang, mengunggah berkas untuk memenuhi persyaratan Prakerja adalah hal yang melelahkan. Namun, ketidaklengkapan berkas justru bisa menjadi faktor tidak lolos seleksi Prakerja.

Tidak semua orang bisa mendaftar Kartu Prakerja. Oleh karena itu, pastikan calon peserta memenuhi seluruh persyaratan yang menjadi penentu kelolosan. Berikut syarat mendaftar program Kartu Prakerja:

WNI berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 64 tahun; Tidak sedang menempuh pendidikan formal; Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil; Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa, perangkat desa, Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD; Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Sediakan waktu luang saat berencana mendaftar Kartu Prakerja agar tidak terganggu oleh kendala apa pun. Luangkan waktu minimal satu jam untuk mempersiapkan dokumen yang disyaratkan.

Tentukan waktu yang tepat

Agar proses pendaftaran berjalan lancar, tentukan waktu yang tepat. Ada baiknya, hindari jam makan siang dan akhir pekan. Jika memungkinkan, daftarlah pada malam hari antara Senin sampai Jumat.

Saat melakukan pendaftaran, isi data dengan benar kemudian periksa kembali. Pastikan identitas yang diisi dalam formulir sudah sesuai dengan data yang dimiliki. Data yang valid menjadi salah satu faktor kelolosan Prakerja.

Hindari memakai email cadangan yang tidak sesuai nama calon pendaftar. Sebaiknya, masukkan email dengan nama asli agar terkesan profesional. Kesesuaian alamat email dengan nama asli bisa mendukung faktor kelolosan Prakerja.

Pastikan koneksi internet lancar agar proses pendaftaran tidak terkendala. Jika koneksi internet terputus di tengah-tengah, data yang sempat diisi berisiko tidak tersimpan.

Kondisi tubuh yang sehat dapat memengaruhi tingkat konsentrasi. Saat hendak mendaftar, pastikan kondisi tubuh calon peserta dalam kondisi baik agar pertanyaan yang muncul bisa dijawab dengan benar.***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-018047032/tips-lolos-seleksi-kartu-prakerja-gelombang-67-hindari-mendaftar-pada-akhir-pekan?page=all
Tokoh

Graph

Extracted

ministries ASN, DPRD, TNI,
bumns BUMD,
topics Buruh, Kartu Prakerja, Prakerja,
products Kartu Pra Kerja,
cases PHK,