Di Bawah Tekanan Politik, Biden Akhirnya Bersuara soal Protes mahasiswa Pro Palestina di AS

  • 04 Mei 2024 19:10:54
  • Views: 3

Syafira | Sabtu, 04/05/2024 03:03 WIB

Presiden AS Joe Biden terlihat setelah memberikan sambutan di Rose Garden Gedung Putih di Washington, AS, 19 Mei 2022. REUTERS/Evelyn Hockstein

WASHINGTON - Di bawah tekanan politik yang meningkat, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Kamis buka suara mengenai kerusuhan di kampus terkait perang di Gaza, dengan mengatakan warga Amerika mempunyai hak untuk berdemonstrasi namun tidak boleh melancarkan kekerasan.

“Ada hak untuk melakukan protes, tapi bukan hak untuk menimbulkan kekacauan,” kata Biden dalam sambutannya di Gedung Putih.
Ketika tayangan televisi mengenai kerusuhan kampus yang melanda Amerika dalam beberapa hari terakhir ditayangkan di jaringan berita, Biden menghadapi kritik atas cara dia menangani situasi tersebut. Dia telah menyerahkan sebagian besar kepada juru bicaranya untuk memberikan komentar.

Presiden dari Partai Demokrat, yang akan mencalonkan diri kembali pada bulan November, telah berhati-hati dalam mengecam antisemitisme sambil mendukung hak anak muda Amerika untuk melakukan protes dan mencoba membatasi dampak politik jangka panjang.

Biden mengatakan kedua belah pihak mempunyai pendapat yang benar, bahwa perbedaan pendapat secara damai sangat penting bagi demokrasi tetapi kekerasan tidak akan ditoleransi.

"Penghancuran properti bukanlah sebuah protes damai. Itu melanggar hukum. Vandalisme, masuk tanpa izin, memecahkan jendela, menutup kampus, memaksa pembatalan kelas dan wisuda - semua ini bukanlah protes damai," katanya.

Biden mengatakan Amerika Serikat bukanlah negara otoriter yang membungkam kritik, namun “ketertiban harus ditegakkan.”
Perbedaan pendapat memang penting dalam demokrasi, namun perbedaan pendapat tidak boleh berujung pada kekacauan atau pengingkaran hak orang lain sehingga mahasiswa tidak bisa menyelesaikan pendidikan semester dan perguruan tinggi, ujarnya.

Biden, ketika ditanya apakah gubernur negara bagian harus memanggil pasukan Garda Nasional untuk memulihkan ketertiban jika perlu, menjawab “tidak”.

Menanggapi pertanyaan wartawan, Biden mengatakan protes kampus tidak memaksanya untuk mempertimbangkan kembali kebijakannya di Timur Tengah.

Pengunjuk rasa pelajar menyerukan gencatan senjata segera di Gaza dan menuntut divestasi sekolah dari perusahaan-perusahaan yang mendukung pemerintah Israel.

KEYWORD :

Israel Palestina Protes Mahasiswa Joe Biden


Sumber: https://www.jurnas.com/artikel/155211/Di-Bawah-Tekanan-Politik-Biden-Akhirnya-Bersuara-soal-Protes-mahasiswa-Pro-Palestina-di-AS/
Tokoh





Graph

Extracted

persons Joe Biden, Rose,
companies Reuters,
ngos GARDA,
parties Demokrat,
fasums Gedung Putih,
nations Amerika Serikat, Israel, Palestina,
cities Washington,