Wapres Ma'ruf Minta KDEKS Komitmen Kembangkan Ekonomi dan Keuangan Syariah

  • 04 Mei 2024 18:25:10
  • Views: 2

Jakarta -

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menghadiri acara silaturahmi Idul Fitri 1445 Hijriah Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Banten. Ma'ruf mendorong KDEKS menjadi komite yang mampu mengembangkan potensi daerah.

"Salah satu komite daerah yang juga tentu ingin mengembangkan, menggerakkan potensi daerah, supaya bisa menggerakkan ekonomi di daerah," kata Ma'ruf dalam sambutannya di Pondok Pesantren (Ponpes) An-Nawawi, Serang, Banten, Sabtu (4/5/2024).

"Sebab kalau hanya di pusat, daerahnya tidak bergerak. Maka kita bangun KDEKS, Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah, sekarang sudah 30 Provinsi," jelas Ma'ruf.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ma'ruf menyebut kehadiran KDEKS di 8 provinsi lainnya, yakni Papua, Papua Barat, Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Barat Daya, Nusa Tenggara Timur dan Bali, akan menyusul. Dia juga memastikan KDEKS berlaku untuk semua wilayah tanpa pengecualian.

"Sulawesi Utara, walaupun itu Kristen sudah kita bangun, gubernurnya menjadi ketua daerah ekonomi dan keuangan syariah. Gubernurnya Kristen, komitmen. Masa orang Kristen saja komitmen, Islam nggak komitmen? Kebalik itu. Semua harus berkomitmen. Saya terharu, Pak Gubernur itu beragama Kristen tapi komitmen syariahnya, ini namanya Kristen bersyariah, itu namanya. Itu luar biasa," ujar Ma'ruf.

Kemudian, kata Ma'ruf, KDEKS ini akan dikembangkan menyesuaikan dengan potensi masing-masing daerah.

"Kita akan kembangkan sesuai dengan potensi daerahnya ya dan ada produk-produk yang untuk pasar lokal dan ada produk-produk yang akan pasar global. Kita akan arahkan begitu, untuk lokal dan untuk global," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Ma'ruf juga turut menyaksikan peluncuran batik motif Tanara sebagai bentuk kearifan lokal yang diharapkan menjadi nilai tambah perekonomian Provinsi Banten sekaligus pemberian beasiswa pendidikan kepada para santri Ponpes An-Nawawi.

"Saya sampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung acara ini, termasuk peluncuran Program SmarTren, Peluncuran Batik Motif Tanara, dan pemberian beasiswa pendidikan kepada santri dan mahasiswa Pesantren An-Nawawi," ujar Ma'ruf.

"Mari jadikan momentum ini untuk memperkuat silaturahim dan ikatan ukhuwah islamiyah, serta memperkokoh sinergi KDEKS Banten dengan semua pemangku kepentingan dalam upaya mengakselerasi pembangunan ekonomi wilayah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

(fca/fca)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7324812/wapres-maruf-minta-kdeks-komitmen-kembangkan-ekonomi-dan-keuangan-syariah
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ma'ruf Amin,
ministries MA,
religions Islam, Kristen,
products Syariah,
places BANTEN, DKI Jakarta, NUSA TENGGARA TIMUR, PAPUA, PAPUA BARAT, SULAWESI UTARA,
cities Serang,