Pencegahan Korupsi di Sektor Pendidikan Belum Siginifikan

  • 04 Mei 2024 17:01:01
  • Views: 1

Jakarta: Indonesia Corruption Watch (ICW) mengkritik upaya pencegahan korupsi di sektor pendidikan. Belum ada upaya serius menghilangkan praktik rasuah di bidang pendidikan. "Saat ini pencegahan korupsi sektor pendidikan tidak tampak pada beragam program strategis pendidikan," kata Koordinator Divisi Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi ICW Almas Sjafrina dalam keterangan tertulis, Jumat, 3 Mei 2024. Almas mengatakan pemerintah malah kerap tutup mata atas problem berulang di sektor pendidikan. Salah satunya, pungutan liar di sekolah yang bersifat reguler atau penyelenggaraan penerimaan Peserta didik baru (PPDB). "Tidak mengejutkan apabila kemudian persoalan pungli PPDB selalu berulang," papar dia.   Almas menyebut pengelolaan anggaran dan korupsi pendidikan hanya dua dari ribuan persoalan pendidikan. Masalah lain yang perlu diperhatikan ialah komersialisasi pendidikan, tata kelola dan kesejahteraan guru, serta kurikulum yang berorientasi sebatas memproduksi generasi siap kerja. "Termasuk lemahnya dukungan pemerintah pada pendidikan inklusif," ujar dia.

Jakarta: Indonesia Corruption Watch (ICW) mengkritik upaya pencegahan korupsi di sektor pendidikan. Belum ada upaya serius menghilangkan praktik rasuah di bidang pendidikan.
 
"Saat ini pencegahan korupsi sektor pendidikan tidak tampak pada beragam program strategis pendidikan," kata Koordinator Divisi Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi ICW Almas Sjafrina dalam keterangan tertulis, Jumat, 3 Mei 2024.
 
Almas mengatakan pemerintah malah kerap tutup mata atas problem berulang di sektor pendidikan. Salah satunya, pungutan liar di sekolah yang bersifat reguler atau penyelenggaraan penerimaan Peserta didik baru (PPDB).
"Tidak mengejutkan apabila kemudian persoalan pungli PPDB selalu berulang," papar dia.
 
Almas menyebut pengelolaan anggaran dan korupsi pendidikan hanya dua dari ribuan persoalan pendidikan. Masalah lain yang perlu diperhatikan ialah komersialisasi pendidikan, tata kelola dan kesejahteraan guru, serta kurikulum yang berorientasi sebatas memproduksi generasi siap kerja.
 
"Termasuk lemahnya dukungan pemerintah pada pendidikan inklusif," ujar dia.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(AGA)


Sumber: https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/JKRdawpb-pencegahan-korupsi-di-sektor-pendidikan-belum-siginifikan
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google,
ngos ICW,
topics PPDB,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cases korupsi,