Kemenhub Fasilitasi Pemulangan Jenazah ABK WNI Kapal MV Hompu 1

  • 04 Mei 2024 16:01:12
  • Views: 2

JAKARTA - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut bersama Kementerian Luar Negeri memfasilitasi pemulangan jenazah ABK (Anak Buah Kapal) Kapal MV Hompu 1 yang beroperasi di Lima, Peru, Abdul Rifai, pada Kamis, 2 Mei 2024.

Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Hartanto mengungkapkan, almarhum meninggal dunia di Rumah Sakit Clinica Auna Bellavista Callao Peru pada 6 April 2024.

"Tanggal 29 April 2024, pemulangan jenazah dari Lima, Peru sudah mulai dilakukan. Setelah melalui proses yang panjang, jenazah akhirnya tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis 2 Mei 2024 dan kemudian langsung dipulangkan ke kampung halamannya di Majalengka," ungkap Hartanto dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Berdasarkan surat keterangan kematian yang diterbitkan Kementerian Luar Negeri melalui KBRI Lima, diketahui almarhum meninggal akibat menderita Sindrom Guillain-Barre.

Baca Juga :

Ada Apa Sampai Kemlu Imbau agar WNI Tidak Melakukan Perjalanan ke Iran atau Israel

Selain memfasilitasi pemulangan jenazah, Kemenhub juga akan mengawal proses pemenuhan hak almarhum untuk keluarga yang ditinggalkan, termasuk penyerahan asuransi. Hal ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh pihak yaitu Kementerian Luar Negeri dan Asosiasi Pekerja Perikanan Indonesia (AP2I).

"Penyerahan hak tersebut nantinya akan dilakukan di kantor pusat Kementerian Perhubungan, akan diterima oleh perwakilan keluarga," jelas Hartanto.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Perkapalan dan Kepelautan menyampaikan duka cita mendalam kepada keluarga dan kerabat yang ditinggalkan.

"Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini," kata Hartanto.

Baca Juga :

Memalukan, Enam WNI Ini Terlibat Perampokan Jam Tangan Mewah di Hong Kong

Pemulangan jenazah ABK tersebut dikawal oleh AP2I, Perusahaan Keagenan awak kapal yang memiliki SIUPPAK, dan Direktorat Pelindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI.


Redaktur : Lili Lestari

Penulis : Mohammad Zaki Alatas


Sumber: https://koran-jakarta.com/kemenhub-fasilitasi-pemulangan-jenazah-abk-wni-kapal-mv-hompu-1?page=all
Tokoh





Graph