Warung-Warung Sepi karena Banjir 5 Bulan, Pasir Putih Depok Bak Kota Mati

  • 04 Mei 2024 15:24:51
  • Views: 1

Depok -

Sudah 5 bulan akses jalan penghubung Pasir Putih Sawangan dan Bulak Barat Cipayung putus permanen akibat terendam banjir. Ketua RT 03 RW 04, Tabroni (48) mengatakan warung-warung sepi karena kawasan tersebut bagaikan kota mati.

"Jembatan ini kan jalur alternatif menuju 3 kecamatan. Karena banjir jalan jadi nggak ada, warung-warung sepi karena tidak ada yang lewat. Ya bagaikan kota mati," ujar Ketua RT 03 RW 04 Kelurahan Pasir Putih, Depok, Jawa Barat, Tabroni saat ditemui detikcom, Sabtu (4/5/2024).

Dia menyebut saat hujan turun ketinggian air mencapai 3 meter dari pemukiman warga. Namun, jika dalam kondisi 'normal' ketinggian air sekitar 1 meter.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kalau malamnya turun hujan, di sini sudah kayak laut. Ketinggian air mencapai 3 meter sampai atap rumah itu tidak kelihatan," kata Tabroni.

Salah seorang warga, Linda (30), mengaku cemas karena banjir tidak kunjung surut. Terlebih, rumahnya tepat berada di samping lokasi banjir.

"Air gak kena sampai ke sini, tapi perasaan cemas pasti ada. Apalagi kalo turun hujan," ujar Linda.

Linda menjelaskan, terputusnya jalur penghubung Pasir Putih dan Bulak Barat berimbas pada lingkungannya yang menjadi sepi. Ia menilai RT 03 RW 04 Kelurahan Pasir Putih kayak kampung mati.

"Siang biasanya ramai, tapi sekarang sepi karena tidak ada yang lewat lagi. Warung-warung penjualannya sepi," kata Linda.

Menurutnya, terdapat penurunan omset penjualan warung di depan rumahnya. Penurunan pendapatan ini hampir merata di seluruh warung yang berada di kawasan terdampak banjir.

"Penurunan pendapatan warung yang gede aja ngaruh, apalagi yang kecil. Ya biasanya dapat sekian, sekarang cuma sekian," ucapnya.

Dia merasa banjir ini merugikan warga sekitar. Linda berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Depok cepat mengambil tindakan.

"Semoga cepat surut. Minimal jalan bisa dilewati seperti dulu saat normal," tutupnya.

(zap/zap)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7324570/warung-warung-sepi-karena-banjir-5-bulan-pasir-putih-depok-bak-kota-mati
Tokoh

Graph

Extracted

topics Banjir,
places JAWA BARAT,
cities Cipayung, Depok,