301 KK di Pulau Ruang akan Direlokasi

  • 04 Mei 2024 14:59:29
  • Views: 2

Jakarta: Sebanyak 301 kepala keluarga (KK) di Pulau Ruang, Sulawesi Utara akan direlokasi. Warga tersebut terdampak erupsi Gunung Ruang. "Relokasinya di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan lahannya akan disediakan Bapak Gubernur (Sulawesi Selatan)," ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat, 3 Mei 2024. Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) segera mencari lahan relokasi untuk warga terdampak. Sementara itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) diperintahkan bersiap membangun rumah permanen. "Segera melakukan pembangunan yang sesuai dengan standar dari kebencanaan," terangnya.   Sedangkan terkait dana, telah dialokasikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara menjelaskan BNPB memiliki dana siap pakai untuk kebencanaan. "Arahan Bapak Presiden (Jokowi) agar dana siap pakai di BNPB itu disiapkan dan dapat digunakan," jelasnya.

Jakarta: Sebanyak 301 kepala keluarga (KK) di Pulau Ruang, Sulawesi Utara akan direlokasi. Warga tersebut terdampak erupsi Gunung Ruang.
 
"Relokasinya di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan lahannya akan disediakan Bapak Gubernur (Sulawesi Selatan)," ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat, 3 Mei 2024.
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) segera mencari lahan relokasi untuk warga terdampak. Sementara itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) diperintahkan bersiap membangun rumah permanen.
"Segera melakukan pembangunan yang sesuai dengan standar dari kebencanaan," terangnya.
 
Sedangkan terkait dana, telah dialokasikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara menjelaskan BNPB memiliki dana siap pakai untuk kebencanaan.
 
"Arahan Bapak Presiden (Jokowi) agar dana siap pakai di BNPB itu disiapkan dan dapat digunakan," jelasnya.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(AGA)


Sumber: https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/9K5AgO1K-301-kk-di-pulau-ruang-akan-direlokasi
Tokoh







Graph

Extracted

persons Joko Widodo, Muhadjir Effendy, Suahasil Nazara,
companies Dana, Google,
ministries BNPB,
places DKI Jakarta, SULAWESI SELATAN, SULAWESI UTARA,
cities Gunung,