CPNS 2024 Sekolah Kedinasan Dibuka Mei, Menpan RB Bocorkan Alokasi Formasinya

  • 04 Mei 2024 12:50:57
  • Views: 2

PIKIRAN RAKYAT - Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengumumkan tahapan seleksi calon aparatur sipil negara untuk kebutuhan penerimaan tahun 2024.

Adapun Kemenpan RB telah memberikan persetujuan 1,2 juta formasi yang terbagi menjadi 427.650 formasi pada instansi pusat dan 862.174 formasi pada instansi daerah. Jumlah tersebut bagian dari tahap awal pemenuhan kebutuhan 2,3 juta ASN yang akan direkrut secara berkelanjutan.

Kemenpan RB juga telah menetapkan persetujuan formasi pada 8 instansi penyelenggara sekolah kedinasan dengan alokasi 3.445 formasi.

Adapun untuk sekolah kedinasan yang akan diberikan alokasi formasi adalah Politeknik Keuangan Negara STAN, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Politeknik Siber dan Sandi Negara, Politeknik Statistika STIS.

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi, 22 sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan, serta Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG).

Menpan RB Azwar Anas saat konferensi pers di Kantor Kominfo pada Jumat, 3 Mei 2024.

Pendaftaran

Menpan RB Azwar Anas mengatakan bahwa untuk pembukaan pendaftaran CPNS melalui sekolah kedinasan akan dimulai pada Mei. Sedangkan untuk pembukaan pendaftaran CPNS jalur reguler baru akan dimulai antara Juni atau Juli 2024.

"Pembukaan pendaftaran CPNS melalui sekolah kedinasan akan dimulai bulan ini juga, sekarang proses koordinasi penetapan formasinya di masing-masing instansi," kata Anas dalam konferensi pers di Kantor Kominfo pada Jumat, 3 Mei 2024.

"Sedangkan untuk seleksi CASN 2024, rencananya akan dilaksanakan pada bulan Juni atau Juli setelah instansi menerima surat keputusan Menpan RB tentang penetapan kebutuhan formasi atau formasi pegawai ASN," ujar Anas.

Ia mengatakan bahwa penerimaan calon abdi negara untuk kebutuhan tahun 2024 merupakan rekrutmen terbesar sepanjang 10 tahun terakhir. Di sisi lain, ia meminta agar masyarakat tidak percaya kepada pihak yang menjanjikan kelulusan ASN.

"Rekrutmen ASN kita ini sangat tinggi transparansi dan akuntabilitasnya. Ini ada live score di kantor BKN. Jika ada yg tes sanak keluarga langsung bisa melihat hasil di layar live score, ini menjamin ketepatan dan akurasi dan juga tidak ada lagi joki," kata Anas.***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-018042894/cpns-2024-sekolah-kedinasan-dibuka-mei-menpan-rb-bocorkan-alokasi-formasinya?page=all
Tokoh



Graph

Extracted

persons Azwar Anas,
ministries ASN, Kemenhub, Kemenpan RB, Kementerian Perhubungan,
institutions IPDN, Sekolah Tinggi Intelijen Negara,
topics CPNS,