WHO Wanti-wanti Invasi Israel ke Rafah Akan Picu Pertumpahan Darah!

  • 04 Mei 2024 12:17:43
  • Views: 2

Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan bahwa invasi militer Israel ke kota Rafah di Gaza selatan dapat menyebabkan "pertumpahan darah". Badan kesehatan PBB tersebut pun mengumumkan rencana darurat terkait rencana serangan Israel ke Rafah.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebelumnya telah bertekad untuk menghancurkan para anggota Hamas yang tersisa di Rafah, tempat sebagian besar penduduk Gaza mencari perlindungan dari perang selama hampir tujuh bulan.

Dilansir kantor berita AFP, Sabtu (4/5/2024), Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus memperingatkan kemungkinan dampak buruk terhadap 1,2 juta orang yang mengungsi di Rafah.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"WHO sangat prihatin bahwa operasi militer skala penuh di Rafah, Gaza, dapat menyebabkan pertumpahan darah, dan semakin melemahkan sistem kesehatan yang sudah rusak," kata Tedros dalam postingan di media sosial X, yang sebelumnya bernama Twitter.

Dalam sebuah pernyataan, WHO mengumumkan rencana darurat, namun memperingatkan "sistem kesehatan yang rusak tidak akan mampu mengatasi lonjakan korban dan kematian akibat serangan Rafah".

"Ini sama sekali tidak akan mencegah tambahan angka kematian dan luka-luka yang diperkirakan disebabkan oleh operasi militer tersebut," ujar perwakilan WHO di wilayah Palestina Rik Peeperkorn kepada para wartawan di Jenewa, Swiss.

Menurut WHO, sebagian besar fasilitas kesehatan di wilayah Gaza telah rusak atau hancur di tengah bombardir besar-besaran Israel.


Sumber: https://news.detik.com/internasional/d-7324328/who-wanti-wanti-invasi-israel-ke-rafah-akan-picu-pertumpahan-darah
Tokoh





Graph

Extracted

persons Benjamin Netanyahu, Tedros Adhanom Ghebreyesus,
companies Twitter,
ngos WHO,
parties PBB,
nations Israel, Palestina, Swiss,
places DKI Jakarta,