CASN 2024 Dibuka Juni, Ada 427.650 Formasi di Instansi Pusat dan 862.174 Daerah

  • 04 Mei 2024 11:44:16
  • Views: 2

PIKIRAN RAKYAT – Dalam seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 yang dibuka mulai Juni mendatang, akan ada 1,2 juta formasi dengan rincian 427.650 formasi di instansi pusat dan 862.174 di instansi daerah. Jumlah tersebut merupakan bagian dari tahap awal pemenuhan kebutuhan 2,3 juta ASN yang akan direkrut secara berkelanjutan.

Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas mengatakan, saat ini Badan Kepegawaian Negara (BKN) tengah mempercepat verifikasi pengisian formasi yang dilakukan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Namun, ada 4 instansi yang belum melakukan pengisian rincian formasi.

“Kami berharap 4 instansi itu segera mempercepat pengisian rincian formasinya di sistem BKN. Termasuk di dalamnya ada instansi daerah, yang sebenarnya sudah kita perpanjang ini tenggat pengisiannya. Kalau ini sudah beres 100 persen, kita bisa memulai pendaftaran CASN yang sudah ditunggu-tunggu publik,” kata Anas saat konferensi pers terkait Progres Pengadaan ASN 2024 di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Jakarta, Jumat, 3 Mei 2024.

Terkait jadwal pengumuan oleh instansi, pendaftaran, dan seleksi, kata Anas, masih akan disesuaikan dengan perkembangan yang ada.

“Karena ini juga terkait dengan kecepatan dan ketepatan pengisian dari kementerian/lembaga dan pemda. Karena ada kasus, pemda mengisi rincian, setelah diverifikasi BKN ternyata keliru, maka harus dibetulkan lagi,” ujarnya.

Dari total usulan yang diterima KemenPAN-RB dan yang telah diverifikasi BKN, CASN yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN) sebanyak 2.906 formasi. Sementara pemenuhan ASN di pemerintah daerah sebanyak 19.817 formasi.

Sekolah Kedinasan

Untuk seleksi CPNS di sekolah kedinasan, KemenPAN-RB telah menetapkan persetujuan dari 8 instansi penyelenggara sekolah kedinasan dengan alokasi sebanyak 3.445 formasi. Tahap awal seleksinya akan dimulai bulan Mei.

“Pembukaan pendaftaran CPNS melalui sekolah kedinasan akan dimulai bulan ini juga, sekarang proses koordinasi penetapan formasinya di masing-masing instansi,” kata Anas saat konferensi pers terkait Progres Pengadaan ASN 2024 di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Jakarta, Jumat, 3 Mei 2024.

Berikut delapan sekolah kedinasan yang dipastikan ikut serta dalam seleksi CPNS 2024:

Politeknik Keuangan Negara STAN; Insitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN); Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN); Politeknik Siber dan Sandi Negara; Politeknik Statistika STIS; Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi; 22 sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan; Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG).

Dari delapan sekolah kedinasan tersebut, dua di antaranya diberikan penyesuaian alokasi formasi dengan mempertimbangkan tantangan zaman.

“Misalnya di STMKG, di mana kita menghadapi tantangan perubahan iklim. Di Politeknik Siber dan Sandi Negara di mana digitalisasi tak terelakkan, sehingga kita butuh talenta misalnya terkait cyber security,” ujar Anas.***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-018042909/casn-2024-dibuka-juni-ada-427650-formasi-di-instansi-pusat-dan-862174-daerah?page=all
Tokoh





Graph

Extracted

persons Abdullah Azwar Anas, Azwar Anas,
ministries ASN, Kemenhub, Kemenkominfo, Kementerian Perhubungan,
institutions IPDN, Sekolah Tinggi Intelijen Negara,
parties PAN,
topics CPNS,
places DKI Jakarta,