Prabowo Ingin Buat Presidential Club, Tanggapan Jokowi hingga Pengamat Politik

  • 04 Mei 2024 09:44:00
  • Views: 2

TEMPO.CO, Jakarta - Prabowo Subianto berkeinginan membuat klub kepresidenan atau presidential club. Juru bicara presiden terpilih, Dahnil Anzar Simanjuntak, menjelaskan klub tersebut akan diisi kegiatan rutin bertemu dengan para mantan presiden. Kata Dahnil, Prabowo ingin menjaga silaturahmi kebangsaan.

“Esensinya Pak Prabowo ingin para mantan presiden bisa tetap rutin bertemu dan berdiskusi tentang masalah-masalah strategis kebangsaan,” kata Dahnil, pada Jumat, 3 Mei 2024.

Tentang Presidential Club

1. Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menanggapi positif rencana Prabowo yang hendak membentuk presidential club yang beranggotakan mantan Presiden RI yang masih hidup. "Bagus, bagus, bagus," katanya. pada Jumat 3 Mei 2024. "Dua hari sekali, ya enggak apa- apa," kata Jokowi menambahkan tanggapannya untuk kegiatan klub kepresidenan itu.

2. Staf Khusus Presiden

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menanggapi wacana pembentukan presidential club. Menurut Ari Dwipayana, para presiden dan mantan presiden tetap harus berhubungan baik dalam situasi apa pun. “Ada atau tidak adanya presidential club, presiden dan semua mantan presiden sangat penting untuk bersilaturahmi,” kata Ari dikutip Antara pada Jumat, 3 Mei 2024.

Iklan

3. Kata Pengamat

Wacana Prabowo soal pembentukan presidential club ditanggapi pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin. “Harus dilihat dulu kebutuhannya seperti apa. Kalau diperlukan ya silakan, kalau tidak diperlukan, ya jangan,” katanya, Jumat, 3 Mei 2024.

Ujang menyebut belum mengetahui apakah presidential club yang dimaksud Prabowo nantinya akan bersifat formal atau informal. “Kan kita belum tahu nanti maksudnya seperti apa. Jadi tergantung kebutuhan,” tuturnya.

“Mungkin Pak Prabowo niatnya baik, niatnya positif. Selain untuk konsultasi Prabowo kepada mantan-mantan Presiden, tapi juga ingin menyatukan mantan-mantan presiden itu. Karena kan kita tahu juga misal Bu Mega tidak akrab dengan Pak SBY. Lalu, Bu Mega juga tidak akrab dengan Jokowi atau sebaliknya,” katanya.

SULTAN ABDURRAHMAN | DEFARA DHANYA PARAMITHA

Pilihan Editor: Jokowi Respons Positif soal Wacana Presidential Club, Berharap Bisa Dilakukan Setiap 2 Hari Sekali


Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1863873/prabowo-ingin-buat-presidential-club-tanggapan-jokowi-hingga-pengamat-politik
Tokoh













Graph