Soal dan Full Jawaban Pelatihan Berbagi Cerita Inovasi Madrasah Modul 3.1 3.2 3.3 3.4 3.5 3.6 di Pintar Kemenag

  • 04 Mei 2024 09:30:25
  • Views: 5

JAKARTA, suaramerdeka.com - Yuk, simak referensi kunci jawaban pelatihan Berbagi Cerita Inovasi Madrasah modul 3.1 3.2 3.3 3.4 3.5 3.6 di platform Pintar Kemenag.

Melansir dari Pintar Kemenag, pelatihan Berbagi Cerita Inovasi Madrasah akan dilaksanakan mulai 6 Mei 2024 - 10 Mei 2024.

Sasaran dari pelatihan inovasi madrasah ini adalah para kepala madrasah, wakil kepala madrasah, para guru, pengawas dan bagian Pendidikan madrasah di kantor Kemenag.

Baca Juga: Catat Waktunya, Lalu Lintas di Jalan Pemuda dan Pandanaran Dialihkan, Cek Info Pengalihan Arus Semarang Night Carnival

Bagi Anda yang mencari referensi kunci jawaban pelatihan Berbagi Cerita Inovasi Madrasah modul 3.1 3.2 3.3 3.4 3.5 3.6 di Pintar Kemenag dapat menyimak hingga akhir artikel.

Petunjuk Pengisian: Soal dalam pelatihan Berbagi Cerita Inovasi Madrasah di platform Pintar Kemenag tersusun secara acak, sehingga urutannya akan berbeda antara peserta satu dengan lainnya. Jadi, harap lebih teliti saat mengerjakan.

Kunci Jawaban Modul 3.1 Manajemen Berbasis Madrasah

Berikut referensi jawaban modul 3.1 Manajemen Berbasis Madrasah pada pelatihan Berbagi Cerita Inovasi Madrasah:

Baca Juga: Akhir Pekan, Waspada Hujan pada Malam Hari! Cek Info Prakiraan Cuaca Kota Semarang, Sabtu 4 Mei 2024

1. Salah satu langkah dalam manajemen berbasis madrasah adalah:

A. Melakukan evaluasi dan pemantauan kegiatan

B. Menyusun anggaran belanja madrasah

C. Semua jawaban benar

D. Menetapkan aturan dan tata tertib madrasah

Jawaban: A

Baca Juga: Pelaku Zina Tetap Masuk Surga, Gus Baha Ijazahkan Bacaan Singkat Ini: Bisa Masuk Surga Kapan-kapan

2. Salah satu prinsip manajemen berbasis madrasah adalah...

A. Semua jawaban benar

B. Partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran

C. Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran

D. Pendidikan berbasis karakter

Jawaban: A

Baca Juga: Update Top Skor dan Klasemen Proliga 2024: Duet Gia dan Shemanova Masih yang Terbaik

3. Tujuan dari manajemen berbasis madrasah adalah…

A. Mengoptimalkan penggunaan sumber daya

B. Semua jawaban benar

C. Meningkatkan efisiensi biaya operasional

D. Meningkatkan kepuasan siswa dan orang tua

Jawaban: B

Baca Juga: Drawing Semifinal Thomas dan Uber Cup 2024: Indonesia Lolos Babak Semifinal Uber Cup 14 Tahun Lalu

4. Manajemen berbasis madrasah adalah konsep manajemen yang berorientasi pada:

A. Peningkatan mutu pendidikan

B. Pemenuhan kebutuhan siswa

C. Keuntungan finansial

D. Efisiensi penggunaan sumber daya

Jawaban: A

Baca Juga: Crosser Astra Honda, Delvintor Lanjutkan Aksinya Bersama CRF250R di MXGP Portugal

5. Salah satu langkah dalam manajemen berbasis madrasah adalah:

A. Melakukan evaluasi kurikulum

B. Meningkatkan pendapatan yayasan

C. Menambah jumlah tenaga pengajar

D. Memperbaiki fasilitas fisik madrasah

Jawaban: A

Baca Juga: Kalahkan Livin Mandiri, Juara Bertahan Putri Bank bjb Tandamata Catatkan Dua Kemenangan di Seri Kedua PLN Mobile Proliga 2024 Semarang

6. Metode pengembangan manajemen berbasis madrasah yang dapat dilakukan adalah:

A. Meningkatkan fasilitas fisik madrasah

B. Semua jawaban benar

C. Pelatihan dan pembinaan guru

D. Pengadaan perangkat pembelajaran

Jawaban: B

7. Manajemen berbasis madrasah bertujuan untuk..

A. Meningkatkan kompetensi guru

B. Meningkatkan partisipasi orang tua dalam kegiatan madrasah

C. Meningkatkan kualitas pendidikan agama

D. Semua jawaban benar

Jawaban: D

8. Salah satu tugas kepala madrasah dalam manajemen berbasis madrasah adalah:

A. Menyusun kurikulum madrasah

B. Semua jawaban benar

C. Mengelola program pendidikan

D. Mengatur keuangan madrasah

Jawaban: B

9. Manajemen berbasis madrasah melibatkan pihak-pihak seperti:

A. Orang tua siswa

B. Semua jawaban benar

C. Kepala madrasah

D. Guru

Jawaban: B

10. Manajemen berbasis madrasah bertujuan untuk:

A. Meningkatkan efektivitas pengelolaan madrasah

B. Meningkatkan peran guru dalam pembelajaran

C. Meningkatkan keterlibatan orang tua dalam pendidikan

D. Semua jawaban benar

Jawaban: D

Kunci Jawaban Modul 3.2 dan 3.3 Analisis 8 Standar Nasional Pendidikan (Best Practice) - Bagian 1 dan 2

Berikut referensi jawaban modul 3.2 dan 3.3 Analisis 8 Standar Nasional Pendidikan (Best Practice) - Bagian 1 dan 2:

1. Peraturan yang mengatur tentang Perubahan Standar Nasional Pendidikan tercantum dalam...

A. Permendikbudristek No 5 Tahun 2022

B. Permenbudristek No 32 Tahun 2022

C. PP No 4 Tahun 2022

D. Permendikbudristek No 9 Tahun 2022

Jawaban: C

2. Pasal 3 Ayat (2) dalam PP No 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP)menyebutkan bahwa SNP digunakan sebagai acuan ...

A. standarisasi kompetensi lulusan, isi, proses, penilaian pendidikan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan dan pembiayaan

B. pengembangan kurikulum dan penyelenggaraan pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional

C. terpenuhinya target Generasi Emas 2045

D. penyelenggaraan pendidikan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat pada jalur pendidikan formal, nonformal dan informal

Jawaban: B

3. Kriteria minimal tentang kesatuan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang menunjukkan capaian kemampuan peserta didik dari hasil pembelajarannya pada akhir jenjang pendidikan disebut ... .

A. standar penilaian Sekolah

B. standar pengelolaan

C. standar kompetensi lulusan

D. standar proses

E. standar penilaian Pendidikan

Jawaban: C

4. Berikut ini adalah dasar ruang lingkup materi yang dirumuskan dalam standar isi, kecuali ... .

A. konsep keilmuan

B. jalur

C. latar belakang

D. muatan wajib

Jawaban: C

5. Prosedur yang meliputi perumusan tujuan penilaian, pemilihan dan atau pengembangan instrumen, pelaksanaan, pengolahan dan pelaporan hasil penilaian disebut ... .

A. kriteria penilaian

B. syarat penilaian

C. indikator penilaian

D. aspek penilaian

E. mekanisme penilaian

Jawaban: E

6. Pilih satu pernyataan yang tidak benar terkait pelaksanaan pembelajaran. (Soal Tidak Lengkap)...

Jawaban: A

7. Yang manakah di antara pernyataan berikut yang benar?

A. Penilaian proses pembelajaran merupakan asesmen terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.

B. Dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran, penilaian proses pembelajaran selain dilaksanakan oleh pendidik dapat dilaksanakan oleh sesama pendidik, kepala satuan pendidikan dan atau peserta didik.

C. Pelaksanaan proses pembelajaran dilakukan oleh pendidik yang bersangkutan.

D. Jawaban a, b, c dan d benar semua.

E. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan oleh pendidik dengan memberikan keteladanan, pendampingan dan fasilitasi.

Jawaban: D

8. Standar proses memiliki ... kegiatan dalam pembelajaran.

A. tiga

B. enam

C. lima

D. tujuh

E. empat

Jawaban: E

9. Standar isi adalah ... .

A. kriteria minimal proses pembelajaran berdasarkan jalur, jenjang, dan jenis pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan

B. kriteria minimal kompetensi dan kualifikasi yang dimiliki pendidik untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagai teladan, perancang pembelajaran, fasilitator dan motivator peserta didik

C. kriteria minimal kompetensi dan kualifikasi yang dimiliki pendidik untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagai teladan, perancang pembelajaran, fasilitator dan motivator peserta didik

D. kriteria minimal mengenai mekanisme penilaian hasil belajar peserta didik

E. kriteria minimal yang mencakup ruang lingkup materi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jalur, jenjang dan jenis pendidikan tertentu

Jawaban: E

10. Berikut adalah hal-hal penting tentang standar kompetensi lulusan (SKL) kecuali ...

A. SKL digunakan sebagai acuan dalam pengembangan 7 standar lainnya.

B. SKL pada satuan pendidikan jenjang pendidikan menengah umum difokuskan pada raihan kejuaraan lomba baik tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional dan atau internasional.

C. Ketercapaian SKL ditentukan berdasarkan data komprehensif mengenai peserta didik yang diperoleh secara berkesinambungan selama periode pembelajaran.

D. SKL pada satuan jenjang pendidikan dasar difokuskan pada penanaman karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila serta kompetensi literasi dan numerasi peserta didik.

E. SKL pada satuan pendidikan jenjang pendidikan menengah kejuruan difokuskan pada keterampilan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik agar dapat hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.

Jawaban: B

Kunci Jawaban Modul 3.4 Konsep Inovasi Madrasah

Berikut referensi jawaban modul 3.4 Konsep Inovasi Madrasah Pintar Kemenag:

1. Penerapan hal-hal yang baru berupa ide, praktik, proses, pelayanan, ideology, strategi atau objek; dalam suatu pelaksanaan tugas sebagai penerapan pengetahuan dan berimplikasi pada perubahan, ini merupakan pemahaman tentang…

A. Inovasi

B. Kreatifitas

C. Kesuksesan

D. Keaktifan

Jawaban: A

2. Madrasah yang terus menerus melakukan pembaharuan dalam merespon perubahan lingkungan, memiliki kemampuan mengembangkan ide-ide baru untuk meningkatkan lembaganya, sehingga adaptif terhadap perubahan jaman disebut ....

A. Madrasah kreatif

B. Madrasah reaktif

C. Madrasah adaptif

D. Madrasah inovatif

Jawaban: D

3. Salah satu yang termasuk karakteristik inovasi madrasah adalah ..

A. Kreatif

B. Sederhana

C. Biasa saja

D. Kompatibel

Jawaban: D

4. Lembaga pendidikan formal dibawah binaan Menteri Agama yang kurikulumnya mengacu pada kurikulum pendidikan nasional dan memiliki muatan agama lebih banyak dibanding sekolah umum, merupakan pengertian dari…

A. Yayasan

B. Madrasah

C. Sekolah

D. Kursus

Jawaban: B

5. Hasil inovasi dan ciptaan dari bawahan dan dilakukan sebagai usaha meningkatkan penyelenggaraan dan mutu Pendidikan merupakan pengertian dari …

A. Middle up model

B. Top down model

C. Bottom middle model

D. Bottom up model

Jawaban: D

6. Inovasi yang dilaksanakan dan diterapkan kepada bawahan dengan cara mengajak, menganjurkan bahkan bisa dengan memaksanakan suatu perubahan disebut dengan model…

A. Bottom up model

B. Top down model

C. Middle up model

D. Middle down model

Jawaban: B

7. Tujuan dari Madrasah adalah ...

A. Meningkatkan keterampilan, kepribadian dan agama

B. Meningkatkan kecerdasan, Pendidikan dan akhlak mulia

C. Meningkatkan kecerdasan dan keterampilan

D. Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut

Jawaban: D

8. Inovasi yang dapat memberikan dampak positif bagi penerimanya adalah salah satu karakteristik inovasi madrasah….

A. Triabilitas

B. Kompatibel

C. Dapat diamati

D. Keuntungan relative

Jawaban: D

9. Triabilitas merupakan inovasi yang …

A. Suatu inovasi yang mudah dilihat

B. Suatu inovasi yang datang karena desakan

C. Suatu inovasi yang telah diujicoba sebelum di publish

D. Suatu inovasi dadakan

Jawaban: C

10. Bentuk inovasi madrasah ada dua macam, yaitu....

A. Bottom up model dan middle up model

B. Top down model dan middle up model

C. Top down Model dan bottom up model

D. Bottom up model dan middle down model

Jawaban: C

Kunci Jawaban Modul 3.5 Benchmarking Madrasah Hebat (Best Practice)

Berikut deretan jawaban 3.5 Benchmarking Madrasah Hebat (Best Practice) pelatihan Berbagi Cerita Inovasi Madrasah Pintar Kemenag:

1. Berikut adalah kriteria madrasah unggul, kecuali….

A. Memenuhi kebutuhan peserta didik yang pada umumnya memiliki motivasi belajar yang tinggi dibandingkan dengan seusianya

B. Iklim dan suasana mendukung untuk kegiatan belajar

C. Sarana dan prasarana pendidikan terpenuhi dan kondusif bagi proses pembelajaran

D. Guru dan tenaga kependidikan memiliki tingkat kesejahteraan yang tinggi

Jawaban: D

2. Ciri-ciri Madrasah Unggul adalah…

A. Kegiatan pembelajaran di sekolah yang sangat seragam

B. Warga sekolah inti memahami dan melaksanakan visi dan misi sekolah

C. Suasana pembelajaran sesuai target kurikulum. Hal ini ditandai dengan suasana kelas yang mendukung penyelesaian target

D. Terjalinnya kemitraan yang baik antara sekolah dan orang tua siswa

Jawaban: D

3. Jika seorang siswa yang mudah bergaul, mampu berempati secara baik, mampu memahami suasana hati orang lain, dan mampu menjalin komunikasi dengan baik. Maka ini adalah ciri ciri bahwa ia memiliki kecerdasan….

A. Kecerdasan Naturalis

B. Kecerdasan Kinestetis

C. Kecerdasan Interpersonal

D. Kecerdasan Intrapersonal

Jawaban: C

4. Salah satu cara menjadikan Madrasah unggul adalah….

A. Peserta didik yang diseleksi dengan baik

B. Fasilitas seadanya

C. Memiliki visi dan misi yang jelas

D. Kepala madrasah yang pintar

Jawaban: C

5. Pengertian Madrasah Unggul adalah….

A. Madrasah Unggul menitikberatkan pada the best input

B. Orang tua siswa memahami apa yang madrasah inginkan

C. Madrasah unggul adalah Madrasah yang fokus pada kualitas proses pembelajaran

D. Kualitas siswa madrasah harus diseleksi saat Penerimaan siswa baru

Jawaban: C

6. Berikut adalah Konsekuensi dari sebuah improvisasi kurikulum pada sebuah madrasah yang memiliki kelas Unggulan, kecuali….

A.Tuntutan untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas guru

B. Hasil lulusan 100% diatas standar

C. Waktu belajar yang relatif lebih lama

D. Pembiayaan belajar yang relative lebih mahal

Jawaban: B

7. Guru didorong untuk meningkatkan kompetensinya melalui Diklat atau workshop yang diadakan oleh Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun madrasah sendiri. bahkan dengan menggunakan biaya sendiri seperti: belajar membuat media pembelajaran yang kreatif baik manual maupun digital. Hal ini adalah sebagai salah satu tuntutan dalam… penerapan strategi madrasah unggul.

A. The best process

B. The best Output

C. The best Curiculum

D. The best input

Jawaban: A

8. Dampak positif suatu madrasah yang membuka program unggulan adalah….

A. Keberhasilan siswa dapat di lihat sedikit banyaknya dari pengetahuan dan hafalan bidang studi

B. Meningkatnya pembiayaan di madrasah tersebut.

C. Berkembangnya karakter yang baik sesuai dengan nilai-nilai karakter yang tertuang dalam Pusat Kurikulum Balitbang Kemendikbud

D. Indikator keberhasilan pendidikan karakter akan dimiliki sebagian warga sekolah

Jawaban: C

9. Di bawah ini yang merupakan ciri-ciri madrasah unggul, kecuali….

A. Kepemimpinan kepala sekolah yang profesional

B. Suasana pembelajaran yang menyenangkan

C. Program yang positif hanya mendapatkan dukungan dari sekolah

D. Semua warga sekolah memahami dan melaksanakan visi dan misi sekolah

Jawaban: C

10. Berikut adalah alasan Kenapa harus ada kelas unggulan, kecuali….

A. untuk mendorong siswa agar mencapai prestasi akademis atau non akademis yang baik

B. untuk memelihara minat siswa terhadap sekolah

C. untuk menyelesaikan pendidikan dalam tingkat yang lebih tinggi bagi keuntungan Sekolah

D. untuk memberikan benchmarking dengan kelas Reguler

Jawaban: C

Kunci Jawaban Modul 3.6 Penyusunan Rancangan Program Inovasi Madrasah

Berikut referensi jawaban modul 3.6 Penyusunan Rancangan Program Inovasi Madrasah Pintar Kemenag:

1. Dalam menciptakan inovasi madrasah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti

A. Keterlibatan stakeholder dalam komite

B. Keterlibatan Masyarakat

C. Keterlibatan komite dalam erkam

D. Keterlibatan stakeholder dalam penyusunan RPM

Jawaban: D

2. Salah satu manfaat adanya inovasi dalam sebuah madrasah adalah

A. Menjadi terkenal

B. Meningkatkan penghasilan

C. Nilai madrasah menurun

D. Meningkatkan produktifitas madrasah

Jawaban: D

3. Salah satu alasan pengembangan inovasi madrasah adalah?

A. Terciptanya lulusan yang baik

B. Terciptanya siswa yang bisa mengaji

C. Terciptanya siswa mandiri

D. Terciptanya kader-kader yang cerdas, mandiri, dan berkarakter Islam

Jawaban: A

4. Ciri-ciri keberadaan inovasi adalah sebagai berikut, kecuali,..

A. akuntabel

B. Baru

C. Memiliki tujuan yang jelas

D. Terencana

Jawaban: B

5. Dalam mengembangkan sebuah inovasi ada beberapa tahapan pengembangan ilmu pengetahuan menurut Herbert G Hicks yaitu

A. Akumulasi, proses inkubasi, idea dan gagasan, evaluasi

B. Akumulasi, proses inkubasi, idea dan gagasan, evaluasi

C. Logic, idea thinking, problem solving, free association

D. Akumulasi, proses inkubasi, idea dan gagasan, evaluasi

Jawaban: C

6. Pengembangan ilmu pengetahuan dalam menciptakan inovasi ada … tahapan

A. Satu

B. Dua

C. Tiga

D. Empat

Jawaban: D

7. Mampu menggunakan peluang yang ada merupakan salah satu …

A. Hal yang tidak perlu diperhatikan

B. Hal yang ditakuti

C. Hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan inovasi

D. Hal yang tidak perlu diperhatikan

Jawaban: C

8. Dalam membangun mental model dalam berinovasi ada beberapa langkah, yaitu kecuali

A. Fear

B. Proud

C. Amazing

D. Knowledge

Jawaban: D

9. Sesuatu yang baru dan berbeda dari yang lain serta menjadi icon dari madrasah tersebut merupakan ciri inovasi dari …

A. Terencana

B. Memiliki tujuan yang jelas

C. Baru

D. Khas

Jawaban: D

10. Salah satu tokoh pengembangan tahapan dalam mengembangkan inovasi yaitu:

A. Arikunto

B. Kuratko dan Hodgetts

C. Tim Madrasah

D. Hedry dan Hicks

Jawaban: B

Demikian kunci jawaban modul 3.1, 3.2, 3.3, 3.4, 3.5, 3.6 pelatihan Berbagi Cerita Inovasi Madrasah di platform Pintar Kemenag.

Disclaimer: Kebenaran atas kunci jawaban ini bersifat tidak mutlak. Anda dapat menjadikannya sebagai alternatif referensi.***

 


Sumber: https://www.suaramerdeka.com/nasional/0412581870/soal-dan-full-jawaban-pelatihan-berbagi-cerita-inovasi-madrasah-modul-31-32-33-34-35-36-di-pintar-kemenag?page=all
Tokoh





Graph

Extracted

persons Ahmad Bahauddin Nursalim, Fachrul Razi,
companies Uber,
ministries Kemdikbud, Kemenag, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
bumns bank bjb, PLN,
organizations idEA,
religions Islam,
products emas, Pancasila,
nations Indonesia, Portugal,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Semarang,
brands Honda,