Pendaftaran CASN 2024 Dibuka Juni, Seleksi Kompetensi Dasar Dijadwalkan Awal Juli

  • 04 Mei 2024 08:30:39
  • Views: 3

PIKIRAN RAKYAT – Pembukaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) digelar pada Juni mendatang. Ada 1.289.824 formasi yang sudah disetujui, dengan rincian 427.650 formasi di instansi pusat dan 862.174 di instansi daerah, termasuk talenta digital yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan rincian jadwal seleksi CASN 2024 baru bisa diumumkan setelah empat instansi yang belum melakukan pengisian rincian formasi merampungkan pekerjaannya.

“Untuk pelaksanaan seleksi CASN tahun 2024, rencananya akan dilaksanakan mulai bulan Juni atau Juli setelah instansi menerima Surat Keputusan Menteri PANRB tentang penetapan kebutuhan/formasi pegawai ASN,” kata Anas saat konferensi pers terkait Progres Pengadaan ASN 2024 di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Jakarta, Jumat, 3 Mei 2024.

Anas berharap awal bulan Juli, BKS sudah bisa mengumumkan waktu dan lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Saat ini, KemenPAN-RB dan BKN masih berusaha mempercepat proses verifikasi dan validasi rincian formasi.

“Untuk kepastian jadwal pengumuman oleh instansi, pendaftaran, dan seleksi, masih dinamis mengikuti perkembangan yang ada,” ujarnya.

Formasi Terkini

Hingga 2 Mei 2024 pukul 20.10 WIB, 602 instansi daerah sudah melakukan perincian ke dalam sistem layanan SIASN milik BKN. Total ada 1.289.824 formasi untuk memenuhi kebutuhan ASN 2,3 juta secara bertahap.

Dari total usulan yang disampaikan serta yang telah dilakukan verifikasi dan validasi oleh BKN, pemenuhan SDM talenta digital untuk penempatan di IKN sebanyak 2.906.

Sementara pemenuhan talenta digital pemerintah daerah 19.817 formasi, SDM Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) 794 formasi dengan rincian 491 auditor dan 301 Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan di Daerah (P2UPD).

Sekolah Kedinasan

Untuk seleksi CPNS di sekolah kedinasan, KemenPAN-RB telah menetapkan persetujuan dari 8 instansi penyelenggara sekolah kedinasan dengan alokasi sebanyak 3.445 formasi. Tahap awal seleksinya akan dimulai bulan Mei.

“Pembukaan pendaftaran CPNS melalui sekolah kedinasan akan dimulai bulan ini juga, sekarang proses koordinasi penetapan formasinya di masing-masing instansi,” kata Anas saat konferensi pers terkait Progres Pengadaan ASN 2024 di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Jakarta, Jumat, 3 Mei 2024.

Berikut delapan sekolah kedinasan yang dipastikan ikut serta dalam seleksi CPNS 2024:

Politeknik Keuangan Negara STAN; Insitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN); Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN); Politeknik Siber dan Sandi Negara; Politeknik Statistika STIS; Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi; 22 sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan; Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG).***
Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-018042967/pendaftaran-casn-2024-dibuka-juni-seleksi-kompetensi-dasar-dijadwalkan-awal-juli?page=all
Tokoh





Graph

Extracted

persons Abdullah Azwar Anas, Azwar Anas,
ministries ASN, Kemenhub, Kemenkominfo, Kemenpan RB, Kementerian Perhubungan,
institutions IPDN, Sekolah Tinggi Intelijen Negara,
parties PAN,
topics CPNS,
products PPPK,
places DKI Jakarta,