Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Jalan di Lombok Barat

  • 04 Mei 2024 06:13:32
  • Views: 2

| Jum'at, 03/05/2024 20:03 WIB

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Inpres Jalan Daerah (IJD) Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Peresmian dilaksanakan di ruas Lembar - Sekotong - Pelangan (Segmen Lembar - Gili Mas), Kabupaten Lombok Barat, Kamis (2/5/2024) kemarin.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan, pembangunan IJD TA 2023 di Provinsi NTB telah selesai dilaksanakan pada 5 ruas jalan. “Pada tahun lalu telah dibangun dan diperbaiki 5 ruas jalan di 4 kabupaten, yaitu Lombok Barat, Sumbawa Barat, Sumbawa dan Bima. Total panjang 40,6 km dan menghabiskan biaya Rp211 M,” katanya.

Dengan alokasi anggaran yang tidak kecil tersebut, Presiden Jokowi berharap kecepatan logistik dan distribusi akan semakin baik. “Dan jalan menuju ke kawasan-kawasan produktif, baik itu kawasan pertanian atau kawasan perkebunan, semuanya bisa ditunjang oleh jalan yang baik,” harapnya.

Seraya menambahkan, Menteri Basuki mengatakan, pelaksanaan IJD mengacu pada Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. Pada TA 2023, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp14,6 triliun secara nasional untuk penanganan 2.873 km jalan daerah di seluruh Indonesia.

“IJD menangani ruas jalan Provinsi, Kabupaten, atau Kota yang rusak dan menghubungkan kawasan-kawasan produksi,” tukasnya.


Sumber: https://www.radarbangsa.com/news/48744/presiden-jokowi-resmikan-pembangunan-jalan-di-lombok-barat
Tokoh



Graph

Extracted

persons Joko Widodo,
nations Indonesia,
places NUSA TENGGARA BARAT,
cities Lombok,