Geng Kriminal Serang Desa di Nigeria, 25 Orang Tewas Dibunuh

  • 04 Mei 2024 04:59:21
  • Views: 4

Jakarta -

Sejumlah pria bersenjata dari geng kriminal menyerang 4 desa di Nigeria sebagai balasan atas serangan militer. Pejabat keamanan setempat melaporkan 25 orang tewas dibunuh oleh geng kriminal itu.

Dilansir AFP, Sabtu (4/5/2024), serangan pada hari Kamis (2/5) terjadi di Negara Bagian Katsina, salah satu wilayah di barat laut Nigeria yang dilanda geng bersenjata yang dikenal secara sebagai bandit yang melakukan penculikan massal untuk mendapatkan uang tebusan dan penjarahan di desa-desa.

Milisi bandit menyerbu desa Unguwar Sarki, Gangara, Tafi dan Kore di distrik Sabuwa pada Kamis malam. Mereka melepaskan tembakan ke arah warga.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Dua puluh lima orang tewas dalam serangan terhadap empat komunitas tersebut, 19 di antaranya berada di desa Unguwar Sarki saja," kata kata Nasiru Babangida, komisaris keamanan dalam negeri negara bagian, kepada radio lokal.

Beberapa warga terluka sementara yang lain diculik oleh para penjahat.

"Sebagian besar dari mereka yang terbunuh adalah warga yang keluar untuk menghadapi para bandit," katanya.

Banyak komunitas di barat laut Nigeria telah membentuk pasukan main hakim sendiri untuk melawan bandit di daerah terpencil dengan sedikit kehadiran negara dan kedua belah pihak terjebak dalam spiral pembunuhan dan pembalasan dendam.

Babangida mengatakan para bandit menyerbu desa-desa sebagai tanggapan atas serangan militer yang sedang berlangsung terhadap kamp mereka di daerah tersebut dan di negara bagian Kaduna yang berdekatan dimana mereka menderita banyak korban.

"Serangan ini merupakan balasan atas pemboman udara terhadap kamp mereka di negara bagian Katsina dan Kaduna yang telah menewaskan lebih dari 200 orang," katanya.

Geng-geng yang mendirikan kamp di hutan luas yang tersebar di negara bagian Zamfara, Katsina, Kaduna dan Niger telah menjadi berita utama karena penculikan massal siswa dari sekolah dalam beberapa tahun terakhir.

Para bandit tidak memiliki kecenderungan ideologis dan termotivasi oleh keuntungan finansial, namun ada kekhawatiran dari para analis dan pejabat atas meningkatnya aliansi mereka dengan para jihadis yang melakukan pemberontakan bersenjata selama 15 tahun di timur laut Nigeria.

(lir/lir)
Sumber: https://news.detik.com/internasional/d-7323956/geng-kriminal-serang-desa-di-nigeria-25-orang-tewas-dibunuh
Tokoh

Graph

Extracted

nations Niger, Nigeria,
places BANTEN, DKI Jakarta,
cities Serang,
cases pembunuhan,