Heboh AstraZeneca Ada Efek Samping Pembekuan Darah, Bamsoet Minta Pemerintah Lakukan Hal ini

  • 04 Mei 2024 05:16:57
  • Views: 4

PIKIRAN RAKYAT - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo atau Bamsoet menanggapi produsen vaksin virus Covid-19, AstraZeneca, yang mengakui bahwa vaksin tersebut dapat menyebabkan efek samping Thrombosis with Thrombocytopenia Syndrome atau pembekuan dan jumlah trombosit rendah.

Ia meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) segera merespons pemberitaan tersebut, dengan melakukan survei yang lebih intensif.

"Tidak menutupi informasi tentang efek samping vaksin AZ, dan meminta keterbukaan produsen vaksin AZ untuk menjelaskan kepada masyarakat sekecil apa pun efek yang ditimbulkannya vaksin tersebut," ujar Bamsoet dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat 3 Mei 2024.

Uji coba vaksin

Selain itu Bamsoet menyarankan Kemenkes untuk mendorong produsen vaksin AztraZeneca melakukan uji coba vaksin tersebut untuk mengetahui efek samping akibat vaksinasi yang dilakukan sebelum digunakan untuk manusia.

"Walau hasil surveilans aktif dan pasif yang sampai saat ini masih dilakukan Komnas KIPI bahwa belum ditemukan adanya kejadian TTS setelah pemakaian vaksin AZ di Indonesia," katanya.

Tak hanya Pemerintah, bahkan Bamsoet mendesak pihak produsen vaksin AztraZeneca harus menjelaskan secara detail sehingga tidak menimbulkan keresahan di masyarakat.

"Technical Advisory Group of Immunization (ITAGI) untuk terus melakukan pemantauan terhadap efek samping yang ditimbulkan oleh setiap kasus dari vaksin Covid-19 di seluruh negara, guna keperluan penelitian lebih lanjut," ujarnya.***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-018043270/heboh-astrazeneca-ada-efek-samping-pembekuan-darah-bamsoet-minta-pemerintah-lakukan-hal-ini?page=all
Tokoh



Graph

Extracted

persons Bambang Soesatyo,
companies AstraZeneca,
ministries Kemenkes, MPR RI,
topics Vaksin Corona,
events vaksinasi,
products vaksin,
nations Indonesia,
cases covid-19,