Cerita Penyandang Disabilitas Mengikuti UTBK SNBT 2024 di Universitas Jember

  • 03 Mei 2024 20:44:10
  • Views: 4

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes atau UTBK SNBT 2024 di Universitas Jember, Profesor Slamin, memastikan lembaganya mendukung penuh semua peserta tes, tak terkecuali peserta berkebutuhan khusus. "Kami fasilitasi dan tidak kami batasi jumlahnya," katanya melalui keterangan tertulis, Jumat. 3 Mei 2024.

Pada hari ketiga UTBK SNBT 2024, Universitas Jember mencatat angka rata-rata kehadiran peserta mencapai 95,77 persen. Menurut Slamin, panitia sempat mencatat 9 peserta yang menyatakan berkebutuhan khusus. Namun, setelah dikonfirmasi, hanya 1 peserta yang dikonfirmasi memiliki disabilitas daksa. Terdapat satu perserta yang kondisinya belum dapat dikonfirmasi, sedangkan 7 orang lainnya salah memilih fasilitas berkebutuhan khusus dalam proses pendaftaran.

Dengan begitu, dari hasil rekapitulasi, hanya ada 1 peserta berkebutuhan khusus dalam UTBK SNBT 2024 gelombang 1 di Universitas Jember. Dia berpesan agar peserta gelombang 2 menghubungi panitia bila memiliki kondisi khusus.

“Kami panitia di Universitas Jember selalu siaga jika ada peserta yang membutuhkan layanan itu (kebutuhan khusus),” tutur Slamin.

Panitia berhasil menghubungi Koyyimatut Toyyibah, salah satu peserta UTBK SNBT 2024 berkebutuhan khusus. Penyandang disabilitas daksa ini adalah warga Kecamatan Jenggawah di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Iklan

Ima, panggilan akrab Koyyimatut, dihubungi oleh panitia UTBK Universitas Jember dua pekan sebelum pelaksanaan ujian, untuk kebutuhan konfirmasi. Lulusan SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember tersebut sudah mantap memilih Program Studi S1 Sistem Informasi di Universitas Jember. Menurut dia prodi tersebut berhubungan dengan minat dan bakatnya.

Ima mengaku tidak mengalami kendala berarti selama ujian. “Alhamdulillah, ujian berjalan lancar, panitia memberikan saya fasilitas yaitu ruang ujian di lantai 1 dengan letak yang mudah diakses karena ada fasilitas ramp,” tuturnya. “Meja ujian saya juga berada di paling depan.”

Dia menyebut tidak ada perlakuan berbeda dari panitia. Namun, tim panitia selalu membantu jika Ima kesulitan bergerak saat akan masuk maupun keluar ruangan ujian.

Pilihan Editor: Selama Dua Hari UTBK di Kampus UPI Bandung dan Daerah, 238 Peserta Mangkir Ujian


Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1863747/cerita-penyandang-disabilitas-mengikuti-utbk-snbt-2024-di-universitas-jember
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BPPT,
institutions Universitas Jember,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, JAWA TIMUR,
cities bandung, Jember,