Banjir Akibat Hujan Badai di Irak, 4 Orang Tewas

  • 04 Mei 2024 04:25:48
  • Views: 2

Bagdad -

Banjir terjadi di Sulaimaniyah, Irak usai wilayah bagian utara itu dilanda hujan lebat dan badai. Sebanyak 4 orang dilaporkan tewas akibat bencana itu.

"Empat anggota tim pendakian tenggelam karena hujan lebat dan banjir di desa Awaspi," kata pejabat setempat Rouf Kamal, seperti dilansir AFP, Sabtu (4/5/2024).

Juru bicara pertahanan sipil Aram Ali membenarkan jumlah korban tersebut. Dia mengatakan delapan pendaki lainnya selamat dari insiden di Sulaimaniyah.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia mengatakan peringatan cuaca telah dikeluarkan pada hari Kamis, dan para pendaki khususnya didesak untuk menghindari daerah pegunungan.

Curah hujan yang lebih deras dari biasanya telah menyebabkan banjir di beberapa wilayah Irak, terutama bagian utara, dan beberapa jalan di ibu kota wilayah Kurdistan, Arbil, diblokir.

Irak telah mengalami kekeringan selama empat tahun berturut-turut, dengan curah hujan yang tidak teratur yang berdampak buruk pada sumber daya air, sehingga memaksa banyak petani meninggalkan lahan mereka.

Namun Ammer al-Jabiri, juru bicara layanan cuaca di Irak di mana musim hujan umumnya terjadi pada bulan Desember hingga Maret, mengatakan curah hujan pada tahun 2024 "lebih baik dibandingkan tahun lalu".

(lir/lir)
Sumber: https://news.detik.com/internasional/d-7323954/banjir-akibat-hujan-badai-di-irak-4-orang-tewas
Tokoh



Graph

Extracted

persons Badai,
topics Banjir,
nations Irak,
cities Kamal,