Hongaria Tuding AS Cari Untung dari Krisis Ukraina, Tak Ingin Perang dengan Rusia Berakhir

  • 04 Mei 2024 03:31:26
  • Views: 2

BUDAPEST, iNews.idAmerika Serikat dituding mencari keuntungan dalam konflik antara Rusia dan Ukraina. Karena itu, Washington DC akan berusaha mencegah berakhirnya perang yang melibatkan dua negara Slavia tersebut. 

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Politik Perdana Menteri Hongaria, Balazs Orban, kepada jurnalis AS, Tucker Carlson. Menurut Orban, Amerika ingin memanfaatkan situasi yang sedang berlaku di Ukraina saat ini. 

Baca Juga

Ekspor Barang-Barang Rusia ke AS Naik Triliunan Rupiah

“Ada beberapa keuntungan taktis. Seperti... mencoba melemahkan Rusia, yang selalu menjadi prioritas Amerika Serikat,” kata Orban dalam wawancara yang dirilis pada Kamis (2/5/2024). 

Menurut dia, AS akan selalu berusaha melemahkan Rusia secara ekonomi. Dengan begitu, pasar-pasar penting di Eropa pun dapat dikuasai oleh Amerika.

Baca Juga

Pasukan Ukraina Makin Terdesak, Rusia Rebut Satu Desa Lagi

“Menghentikan kerja sama energi Jerman-Rusia, yang juga selalu menjadi prioritas (AS). Mencari pasar ekspor untuk LNG (AS) juga selalu menjadi prioritas Amerika Serikat,” ungkap Orban.

Dia menambahkan, konflik Ukraina juga membawa keuntungan taktis kecil bagi AS. Namun, secara strategis krisis tersebut dapat menghancurkan Eropa sebagai kekuatan ekonomi. Orban pun menegaskan, konflik tersebut bertentangan dengan kepentingan Hongaria dan karenanya harus segera dihentikan.

Baca Juga

Segini Jumlah Rudal, Drone, dan Bom yang Dipakai Rusia untuk Serang Ukraina Bulan Lalu

Negara-negara Barat, termasuk AS, telah memberikan bantuan militer dan keuangan ke Kiev sejak dimulainya agresi militer Rusia di Ukraina pada Februari 2022. Moskow telah berulang kali mengingatkan bahwa langkah semacam itu sama saja dengan menambahkan minyak ke dalam api yang sedang berkobar.

Editor : Ahmad Islamy Jamil


Sumber: https://www.inews.id/news/internasional/hongaria-tuding-as-cari-untung-dari-krisis-ukraina-tak-ingin-perang-dengan-rusia-berakhir
Tokoh

Graph

Extracted

organizations API,
topics ekspor,
nations Amerika Serikat, Hongaria, Jerman, Rusia, Ukraina,
places BANTEN, rupiah,
cities Budapest, Moskow, Serang, Washington,