Jokowi Soal Susunan Kabinet Prabowo: Kalau Enggak Diminta Saran tapi Ikut Nimbrung, Enggak Boleh

  • 03 Mei 2024 22:45:00
  • Views: 4

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo alias Jokowi tidak mempermasalahkan jika presiden terpilih Prabowo Subianto meminta saran untuk menyusun kabinet pemerintahannya nanti. Jokowi mengatakan baik dirinya maupun pihak-pihak lain boleh ikut berpendapat jika dimintai saran mengenai susunan kabinet Prabowo-Gibran.

Menurut Jokowi, berbagai masukan itu boleh diberikan jika Prabowo meminta. “Kalau minta saran kan enggak apa-apa. Kalau minta saran,” kata Jokowi usai meninjau pameran mobil listrik di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat dalam keterangan video Sekretariat Presiden pada Jumat, 3 Mei 2024.

Yang jadi masalah, kata Jokowi, adalah jika ada pihak yang memberikan saran tanpa diminta. “Tapi kalau enggak dimintai saran, ikut-ikutan nimbrung, nah itu yang enggak boleh,” ucap Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo itu menyatakan penentuan kabinet adalah 100 persen hak prerogatif presiden. Meski boleh ada usul-usul dari luar, Jokowi menyatakan penetapan orang-orang yang akan mengisi kabinet tetap berada di tangan presiden.

Adapun wakil presiden terpilih pendamping Prabowo sekaligus putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, masih irit bicara ihwal rencana susunan menteri kabinet. Dia juga bungkam saat ditanya tentang persentase penempatan personel untuk posisi calon-calon pembantu presiden tersebut.

"Ditunggu saja," ucap Gibran saat ditemui awak media di Kantor DPRD Kota Solo, Jawa Tengah, seusai rapat paripurna DPRD Kota Solo dengan agenda penyampaian rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertangungjawaban Wali Kota Solo 2023, Selasa, 30 April 2024.

Iklan

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana pun sudah merespons narasi yang dikembangkan sejumlah pihak terkait keterlibatan Presiden Joko Widodo dalam penentuan menteri kabinet pemerintahan 2024--2029.

"Pengangkatan menteri dalam kabinet pemerintahan mendatang sepenuhnya menjadi hak prerogatif Presiden Terpilih setelah dilantik 20 Oktober 2024," kata Ari Dwipayana akhir Maret 2024 lalu.

Diketahui, kabinet Prabowo-Gibran akan resmi mulai bekerja menggantikan kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin pada akhir tahun nanti. Duet pemenang Pilpres 2024 dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu bakal dilantik pada 20 Oktober 2024.

Pilihan Editor: Respons PAN hingga Nasdem Soal Jatah Menteri dalam Kabinet Prabowo-Gibran


Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1863785/jokowi-soal-susunan-kabinet-prabowo-kalau-enggak-diminta-saran-tapi-ikut-nimbrung-enggak-boleh
Tokoh









Graph

Extracted

persons Ari Dwipayana, Gibran Rakabuming Raka, Joko Widodo, Prabowo,
ministries DPRD,
parties Nasdem, PAN,
topics Listrik, Pilpres 2024,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Kemayoran, Solo,
transportations mobil listrik,
musicclubs APRIL,