Rusia Kirimkan Minyak ke Korea Utara Lebihi Jumlah yang Diamanatkan PBB

  • 04 Mei 2024 01:17:16
  • Views: 5

Syafira | Sabtu, 04/05/2024 02:02 WIB

Pemandangan menunjukkan dongkrak pompa minyak di luar Almetyevsk di Republik Tatarstan, Rusia 4 Juni 2023. REUTERS

WASHINGTON - Rusia diam-diam mengirimkan minyak olahan ke Korea Utara pada tingkat yang tampaknya melanggar mandat Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, kata seorang pejabat AS pada Kamis. Pejabat tersebut menambahkan bahwa AS sedang merencanakan sanksi baru sebagai tanggapannya.

Pengungkapan ini terjadi pada hari pertama setelah panel ahli PBB yang memantau penegakan sanksi lama PBB terhadap Korea Utara karena program senjata nuklir dan rudalnya dibubarkan setelah Rusia memveto.

“Pada saat yang sama ketika Moskow memveto perpanjangan mandat panel tersebut, Rusia telah mengirimkan minyak olahan dari Port Vostochny ke DPRK (Korea Utara). Pengiriman Rusia telah mendorong impor DPRK melebihi batas tahunan 500 barel yang diamanatkan oleh Dewan Keamanan PBB," kata pejabat AS kepada Reuters, yang berbicara tanpa menyebut nama.

Pejabat tersebut mengatakan bahwa pada bulan Maret saja, Rusia mengirimkan lebih dari 165 ribu barel minyak olahan ke Korea Utara dan mengingat kedekatan pelabuhan komersial Rusia dan Korea Utara, Rusia dapat mempertahankan pengiriman ini tanpa batas waktu.

Rusia memblokir pembaruan tahunan panel tersebut pada akhir Maret dalam apa yang digambarkan oleh pejabat AS sebagai langkah yang diperhitungkan oleh Moskow untuk menyembunyikan pelanggarannya terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB.

Pejabat itu mengatakan Amerika Serikat akan terus menjatuhkan sanksi "terhadap mereka yang berupaya memfasilitasi transfer senjata dan minyak olahan antara Rusia dan DPRK."

“Kami sebelumnya telah berupaya mengoordinasikan penetapan sanksi otonom dengan mitra kami – termasuk Australia, Uni Eropa, Jepang, Selandia Baru, Republik Korea, dan Inggris – dan kami akan terus melakukannya,” kata pejabat itu.

Korea Utara telah membantu Rusia dalam perangnya melawan Korea Utara dengan memasok rudal balistik.

KEYWORD :

Korea Utara Rusia Pasokan Minyak Amanat PBB


Sumber: https://www.jurnas.com/artikel/155210/Rusia-Kirimkan-Minyak-ke-Korea-Utara-Lebihi-Jumlah-yang-Diamanatkan-PBB/
Tokoh

Graph

Extracted

companies Reuters,
parties PBB,
nations Amerika Serikat, Australia, Inggris, Jepang, Korea Utara, Rusia, Selandia Baru, Uni Eropa,
cities Moskow, Washington,