Contoh Jawaban: Menurut Pendapat Anda, Mengapa Perilaku Intoleransi Ini Bisa Terjadi? Lalu, Apa Gagasan yang Bisa…

  • 03 Mei 2024 19:30:15
  • Views: 9

SUARAMERDEKA.COM - Simak contoh jawaban dari soal "menurut pendapat Anda, mengapa perilaku intoleransi ini bisa terjadi? lalu, apa gagasan yang bisa Anda sumbangkan .." hingga akhir artikel.

Pertanyaan "menurut pendapat Anda, mengapa perilaku intoleransi ini bisa terjadi? lalu, apa gagasan yang bisa Anda sumbangkan .." kerap muncul pada mata kuliah PKn.

Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana jawaban dari pertanyaan tersebut, berikut pembahasan selengkapnya.

Baca Juga: Jumat Berkah, Keutamaan dan Manfaat Sedekah bagi Umat Muslim

Pertanyaan

"Menurut pendapat Anda, mengapa perilaku intoleransi ini bisa terjadi? lalu, apa gagasan yang bisa Anda sumbangkan untuk mengatasi persoalan intoleransi ini jika dikaitkan dengan profesi anda saat ini?".

Contoh Jawaban:

Menurut pendapat Anda, mengapa perilaku intoleransi ini bisa terjadi?

Baca Juga: Siap Lawan Skuad Garuda Muda di Playoff Olimpiade Paris 2024, Ini Profil Tim Guinea U23

Berikut beberapa hal yang menyebabkan perilaku intorelansi, antara lain:

1. Kurangnya penghargaan akan keberagaman, timbulnya konflik yang menyebabkan menguatnya sentimen Suku, Agama, Ras, dan antar Golongan karena persoalan tiadanya penghargaan dan pemahaman yang utuh akan keberagaman yang ada.

2. Kuatnya paham identitas SARA (suku, Agama, Ras, dan Antar Golong-etnis), hubungan antar etnis, agama, ras, dan golongan yang kurang baik akan menyebabkan potensi konflik dan ketegangan di masyarakat semakin menguat.

Baca Juga: Pemkot Semarang Raih Sertifikasi ISO 27001:2022 dari British Standard Institution 

3. Ketimpangan sosial dan politik, ketimpangan sosial dan politik menjadi daya dorong menghambat tercapainya integrasi nasional.

Dengan menggunakan sebuah metode analisis statistik yakni Structural Equation Modelling (SEM), dari hasil analisis yang dilakukan, ditemukan beberapa faktor yang berpengaruh langsung terhadap perilaku intoleran, yaitu: fanatisme agama, ketidakpercayaan terhadap agama dan etnis lain, sekularisme, perasaan terancam, dan media sosial.

Lalu, apa gagasan yang bisa Anda sumbangkan untuk mengatasi persoalan intoleransi ini?

Baca Juga: 5 Resep Lauk Simple, Cocok untuk Teman Makan Nasi

a. Kesadaran akan nilai-nilai kebangsaan yang sama, untuk mencapai suatu yang satu dan ber-persatuan diperlukan kesadaran bersama akan nilai-nilai yang telah disepakati bersama.

b. Adanya konsensus bersama, syarat tercapainya integrasi nasional karena ada konsensus bersama yang dilakukan dan disepakati secara bersama-sama oleh seluruh elemen masyarakat, perlakuan yang adil, merata, dan tanpa diskriminatif menjadi nilai dasar untuk membangun integrasi nasional.

c. Adanya nilai dasar bersama, nilai-nilai dasar bersama yang dimiliki dalam kehidupan masyarakat dan bangsa muncul dari praktik kehidupan dan nilai secara nasional diakui, dilembagakan, dan diletakkan dalam kehidupan kebangsaan Indonesia.

Baca Juga: Promosikan Produk Unggulan UMKM, Pemkot Semarang Gelaran Semarang Introducing Market di Simpang Lima

d. Kesadaran bersama untuk hidup bersama dalam suatu wadah yang satu disebut negara Indonesia.

e. Perasaan senasib dan seperjuangan dalam aspek sejarah.

f. Semangat rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.

g. Kesepakatan nasional untuk mewujudkan negara, wujud dari kesepakatan nasional ini adalah dasar falsafah negara yaitu Pancasila menjadi ikatan nilai bersama membangun bangsa dan negara.

h. Adanya perasaan cinta tanah air yang diwujudkan dari warga negara.

i. Adanya keinginan bersatu, kesadaran untuk bersatu menjadi hal yang penting untuk mewujudkan nilai-nilai Bersama.

Baca Juga: Ada Waktu Satu Pekan untuk Timnas Indonesia, Sebelum Hadapi Guinea di Playoff Olimpiade 2024

Demikian contoh jawaban dari pertanyaan "Menurut pendapat Anda, mengapa perilaku intoleransi ini bisa terjadi? lalu, apa gagasan yang bisa Anda sumbangkan untuk mengatasi persoalan intoleransi ini jika dikaitkan dengan profesi anda saat ini?".

Jawaban dari pertanyaan "Menurut pendapat Anda, mengapa perilaku intoleransi ini bisa terjadi? lalu, apa gagasan yang bisa Anda sumbangkan” tersebut dikutip dari PDF Muhamad Rafli yang diunggah di laman Scribd.***


Sumber: https://www.suaramerdeka.com/nasional/0412576950/contoh-jawaban-menurut-pendapat-anda-mengapa-perilaku-intoleransi-ini-bisa-terjadi-lalu-apa-gagasan-yang-bisa?page=all
Tokoh

Graph

Extracted

bumns Garuda Indonesia,
religions Islam,
events Olimpiade,
products Pancasila, UMKM,
nations Guinea, Indonesia,
places JAWA TENGAH,
cities Paris, Semarang,