Tri Rismaharini Sigap Tanggapi Masalah Sosial di Kecamatan Lewa dan Letis

  • 03 Mei 2024 17:27:38
  • Views: 8

INFO NASIONAL – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, lakukan kunjungan kerja ke RSUD Umbu Rara Meha dan Puskesma Lewa, di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur pada Jumat, 3 Mei 2024.

Dalam kunjungannya, Tri Rismaharini berdialog langsung dengan masyarakat untuk mengetahui keadaan ekonomi dan kesehatan. Hasil dialog menunjukan, banyaknya masyarakat yang masih berada dalam kelas ekonomi menengah kebawah. Di tambah lagi berbagai masalah kesehatan dari mulai katarak, tunarungu, stunting, gizi buruk, mikrosefalus, cerebral palsy, epilepsi hingga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Melihat berbagai macam masalah ini, Tri Rismaharini berkomitmen untuk memberikan perhatian lebih kepada para penderita di Sumba Timur.

“Saya akan berikan perhatian khusus untuk Sumba Timur ini ya. Banyak masalah yang memang harus diselesaikan,” ujarnya.

Tri Rismaharini berjanji, untuk merujuk pengobatan para pasien katarak, dan tunarungu untuk melakukan pengobatan di Sentra Terpadu Prof. Dr Soeharso, Solo. Pihaknya akan melakukan asesmen lebih oleh pendamping sosial untuk pasien-pasien yang akan diterbangkan ke Solo agar tepat sasaran dan tepat pengobatan.

Iklan

Beberapa pengobatan sulit dilakukan karena terkendala oleh data kependudukan yang tidak ada. Tri Rismaharini menekankan, meskipun tidak ada data kependudukan, pendamping sosial tetap mencatan data mereka sehingga nanti dirinyalah yang akan menyampaikan kepada Bupati Sumba Timur untuk melakukan perekaman data kependudukan.

Menanggapi isu stunting, Tri Rismaharini mengatakan, dirinya akan memberdayakan masyarakat dengan berternak ayam petelur agar memperbaikin gizi ibu hamil dan anak-anak.

“Kita memberikan pemberdayaan sekalian untuk penanganan stunting ini. Jadi, contohnya misalkan kita bantu misalkan ayam petelur gitu. Setiap hari kan bertelur dia,” kata dia.

Karena cukup banyak masalah kesehatan di masyarakat, Tri Rismaharini mengatakan, Kementrian Sosial berpeluang membuka kerjasama dengan Kementerian Kesehatan dan organisasi-organisasi lain untuk menangani masalah kesehatan di masyarakat. (*)


Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1863665/tri-rismaharini-sigap-tanggapi-masalah-sosial-di-kecamatan-lewa-dan-letis
Tokoh



Graph

Extracted

persons Tri Rismaharini,
ministries Kemensos,
places JAWA TENGAH, NUSA TENGGARA TIMUR,
cities Solo, Sumba,
cases stunting,
animals Ayam,