Kekacauan Tak Terbendung, Polisi Secara Paksa Bubarkan Pengunjuk Rasa Pro Palestina dan Robohkan Perkemahan di UCLA

  • 03 Mei 2024 06:58:03
  • Views: 5

LOS ANGELES - Polisi secara paksa membubarkan sejumlah pengunjuk rasa pro-Palestina di beberapa perguruan tinggi pada Kamis (2/5/2024), termasuk merobohkan sebuah perkemahan di Universitas California di Los Angeles (UCLA) dalam sebuah adegan yang mengejutkan yang menggarisbawahi meningkatnya kekacauan yang terjadi di universitas-universitas minggu ini.

Pada dini hari, polisi yang mengenakan helm menyerbu tenda kota yang didirikan di UCLA, menggunakan 'flash bang' dan perlengkapan antihuru-hara untuk menerobos barisan pengunjuk rasa yang saling bergandengan tangan untuk menghentikan pergerakan mereka.

Ratusan orang ditangkap di UCLA dan sekolah lainnya. “Saya seorang mahasiswa di sini,” kata salah satu pengunjuk rasa UCLA kepada kamera saat dia dibawa pergi, tangannya terikat, dikutip Reuters.

"Tolong jangan ganggu kami. Jangan ganggu kami,” lanjutnya.

Beberapa jam kemudian, mahasiswa yang hanya menyebut nama depannya sebagai Ryan itu kembali ke kampus dan bersumpah tidak akan berhenti berjuang.

"Kami akan kembali. Kami akan melakukan gangguan. Kami akan menuntut divestasi,” ujarnya.

Di UCLA, polisi berulang kali mendesak para demonstran untuk mengosongkan zona protes, yang menempati alun-alun pusat seukuran lapangan sepak bola, sebelum mereka masuk.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lusinan ledakan keras terdengar dari granat kejut yang ditembakkan oleh polisi, sementara para demonstran, beberapa membawa perisai dan payung darurat, meneriakkan "dorong mereka mundur" dan menyorotkan cahaya terang ke mata petugas.

Tayangan langsung di TV menunjukkan petugas membongkar tenda dan menghancurkan barikade darurat.

Beberapa pengunjuk rasa terlihat mengenakan topi keras, kacamata dan masker respirator untuk mengantisipasi pengepungan tersebut sehari setelah universitas menyatakan perkemahan itu melanggar hukum.

Pada pagi hari, alun-alun dipenuhi sisa-sisa perkemahan yang hancur: tenda, selimut, wadah makanan, bendera Palestina, dan helm yang terbalik. Polisi tetap berjaga pada paruh pertama hari itu saat area tersebut dibersihkan dari puing-puing.

Seperti diketahui, mahasiswa telah berunjuk rasa atau mendirikan tenda di puluhan universitas dalam beberapa hari terakhir untuk memprotes perang Israel di Gaza.

Para pengunjuk rasa telah meminta Presiden Joe Biden, yang mendukung hak Israel untuk membela diri, untuk berbuat lebih banyak guna menghentikan pertumpahan darah di Gaza dan menuntut divestasi sekolah-sekolah dari perusahaan-perusahaan yang mendukung pemerintah Israel.

Banyak kampus, termasuk Universitas Columbia di New York City, telah memanggil polisi untuk meredam protes tersebut.


Sumber: https://news.okezone.com/read/2024/05/03/18/3003764/kekacauan-tak-terbendung-polisi-secara-paksa-bubarkan-pengunjuk-rasa-pro-palestina-dan-robohkan-perkemahan-di-ucla
Tokoh



Graph

Extracted

persons Joe Biden,
companies Google, Reuters,
ministries Polisi,
products kacamata, masker,
nations Israel, Palestina,
cities California, Los Angeles, New York,