Menlu RI Retno Marsudi Terbang ke Turki Bahas Kondisi Gaza

  • 03 Mei 2024 15:56:42
  • Views: 3

ISTANBUL, iNews.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi terbang ke Turki untuk membahas situasi di Jalur Gaza, Palestina. Menlu Retno membahas kondisi di Gaza dengan mitranya Hakan Fidan, Rabu (1/5/2024).

Selain itu kedua menteri juga membahas isu regional lainnya serta kerja sama bilateral kedua negara.

Baca Juga

Pertemuan Menlu Retno dan Menlu China Wang Yi Bahas Krisis Timur Tengah dan Palestina

"Selama pembicaraan antara Menteri Fidan dan Menteri (Retno) Marsudi pada 1 Mei 2024, hubungan bilateral serta perkembangan di kawasan, khususnya situasi di Gaza, menjadi pembahasan," bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Turki, dikutip dari Anadolu, Kamis (2/5/2024).

Disebutkan, Turki akan mengajak negara lain untuk menekan Israel agar menyepakati perjanjian gencatan senjata dan pembebasan sandera.

Baca Juga

Menlu Retno Yakin China Gunakan Pengaruhnya Cegah Eskalasi Konflik di Timur Tengah

Serangan Israel ke Gaza sejak 7 Oktober telah menewaskan lebih dari 34.500 orang, sebagian besar anak-anak dan perempuan. Selain itu 77.700 lebih lainnya menderita luka.

Negosiasi gencatan senjata sejauh ini belum membuahkan hasil. Hamas menuntut penghentian perang secara permanen bukan gencatan senjata sementara serta penarikan seluruh pasukan Zionis dari Gaza. Selain itu seluruh pengungsi diperbolehkan pulang, termasuk ke Gaza Utara. Setelah tuntutan itu dipenuhi, Hamas baru bersedia membahas pembebasan sandera Israel.

Baca Juga

Menlu Retno dan Wang Yi Ungkapkan Kemarahan atas Konflik di Gaza, Desak Gencatan Senjata

Namun Israel menolak tuntutan itu dengan menawarkan gencatan senhata selama 40 hari dengan imbalan pembebasan 33 sanderanya. Israel bahkan mengancam akan menggelar operasi serangan darat ke Rafah jika Hamas masih menolak tuntutan itu.

Editor : Anton Suhartono


Sumber: https://www.inews.id/news/internasional/menlu-ri-retno-marsudi-terbang-ke-turki-bahas-kondisi-gaza
Tokoh





Graph