Hore! Gaji PNS Naik sampai 13% di Malaysia, Lebih Tinggi dari RI?

  • 03 Mei 2024 16:07:12
  • Views: 1

Jakarta, CNBC Indonesia - Pegawai negeri sipil (PNS) di Malaysia akan mengalami rekor kenaikan gaji lebih dari 13% dari Desember tahun ini. Perdana Menteri (PM) Anwar Ibrahim telah mengumumkan kenaikan gaji lebih dari 13% tersebut mulai 1 Desember mendatang.

Anwar mengatakan kenaikan gaji pegawai negeri sipil akan menjadi yang tertinggi hingga saat ini. Hal itu akan menelan biaya pemerintah sekitar 10 miliar ringgit Malaysia atau sekitar Rp33,6 triliun per tahun.

Menurut laporan dari Free Malaysia Today, terdapat sekitar 1,2 juta pegawai negeri sipil di negara ini, 90% di antaranya adalah bumiputera. Sementara terakhir kali gaji pegawai negeri direvisi adalah 12 tahun lalu, yang saat itu mengalami kenaikan sebesar 13%.

-

-

"Meski utang kita mungkin besar dengan defisit yang ada, kita harus serius mempertimbangkan kesejahteraan pekerja kita," ujar Anwar seperti dikutip The Star pada Jumat (3/5/2024)

Anwar sebelumnya memang menjanjikan revisi terbaik bagi PNS. Ia menambahkan bahwa pendapatan keseluruhan mereka, yang terdiri dari gaji dan tunjangan tetap, harus melebihi 2,000 ringgit Malaysia mulai tahun ini.

"Saat ini, pendapatan minimum keseluruhan PNS adalah 1.765 ringgit Malaysia. Kriteria dan pengukuran baru akan diperkenalkan; pendapatan keseluruhan minimum termasuk tunjangan adalah 2,000 ringgit Malaysia," tambahnya.

"Skema ini awalnya direncanakan akan diterapkan pada Januari tahun depan, namun akan diterapkan pada gaji mereka pada Desember," jelasnya lagi.

Menurut Anwar, Perubahan Sistem Remunerasi Pelayanan Publik akan menjadi skema remunerasi yang paling komprehensif dan terbesar dalam hal implikasi keuangan bagi pemerintah Malaysia. Namun, dia menegaskan, PNS yang kinerjanya buruk tidak akan diberi penghargaan atau kenaikan pangkat.

"Mereka akan dipantau apakah mereka malas atau sering datang terlambat ke kantor. Kalau catatannya kurang memuaskan, mereka tidak akan diberi penghargaan," ujarnya.

Pemerintah Indonesia juga telah menaikkan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) RI sebesar 8%. Kenaikan ini telah ditetapkan oleh Presiden Jokowi dalam Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2024 tentang Perubahan Kesembilan Belas atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil.

Penerapan gaji baru PNS, TNI dan Polri ini ditetapkan sebesar 8% dimulai Maret. Adapun, kenaikan gaji ASN pada Januari dan Februari akan direkapitulasi pada gaji Maret 2024.


[-]

-

Nah! Ini Daftar Gaji PNS Terbaru di 2024
(sef/sef)
Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20240503101234-4-535457/hore-gaji-pns-naik-sampai-13-di-malaysia-lebih-tinggi-dari-ri
Tokoh



Graph

Extracted

persons Joko Widodo,
ministries ASN, TNI,
products ringgit,
nations Indonesia, Malaysia,
places DKI Jakarta,