Terkini: Jokowi Dorong Penghiliran Industri Jagung, Uni Eropa Jajaki Peluang Investasi IKN

  • 03 Mei 2024 12:25:34
  • Views: 8

TEMPO.CO, Jakarta - Berita terkini yang banyak dibaca adalah mengenai langkah Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang mendorong penghiliran industri jagung dalam negeri. Hal tersebut dilakukan untuk menstabilkan harga jagung. Hal itu diungkap Jokowi saat meninjau panen raya jagung di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Berita lain yang juga banyak dibaca adalah mengenai Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Agung Wicaksono mengklaim peluang investasi di IKN menarik perhatian Eropa. Agung mengatakan European Business Chamber Commerce for Indonesia (EuroCham) bersama Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam mengunjungi IKN pada Kamis, 2 Mei 2024. 

Kemudian berita tentang Menteri Investasi Bahlil Lahadalia ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Ketua Satgas Percepatan Swasembada Gula dan Bioetanol. Bahlil bakal mempercepat fasilitasi investasi komoditas tebu yang terintegrasi dengan industri gula, bioetanol, dan pembangkit listrik biomassa di Kabupaten Merauke Provinsi Papua Selatan.

Lalu berita tentang perjalanan Freeport di Indonesia dan berbagai kasus yang terjadi di di Freeport.

Berikut rangkuman berita terkini Tempo.co:

Presiden Jokowi Dorong Hilirisasi untuk Stabilkan Harga Jagung

Presiden Joko Widodo mendorong hilirisasi untuk menstabilkan harga jagung. Hal itu diungkap Jokowi saat meninjau panen raya jagung di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, 2 Mei 2024. Dalam acara itu, Presiden ditemani Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

Presiden juga mendengar informasi harga jagung di tingkat petani anjlok hingga menyentuh angka Rp. 4.200,- perkilogram. Harga ini menguntungkan bagi peternak, namun tidak bagi petani.

Presiden mengungkapkan bahwa hilirisasi, atau peningkatan nilai tambah melalui pengolahan lebih lanjut, adalah kunci untuk memastikan harga jagung tetap stabil dan menguntungkan bagi petani.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mendorong agar memperbanyak inisiatif hilirisasi di sektor pertanian. Misalnya, dengan mengolah jagung menjadi berbagai produk turunan. Industri yang dibangun juga harus dekat dengan lahan lahan jagung. “Sehingga bisa menjadi pakan ternak, bisa menjadi minyak goreng jagung, sehingga tercipta hilirisasi,” ujarnya seperti dalam siaran pers tertulis.

Upaya hilirisasi dengan mendekatkan industri kepada sentra produksi jagung bisa menjadi solusi untuk menekan biaya transportasi  yang cukup tinggi. Dengan demikian harga bisa lebih stabil.

Berita lengkap bisa dibaca di sini.

Selanjutnya: Delegasi Uni Eropa Kunjungi IKN untuk Jajaki Peluang Investasi...


Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1863543/terkini-jokowi-dorong-penghiliran-industri-jagung-uni-eropa-jajaki-peluang-investasi-ikn
Tokoh









Graph