Bos Sriwijaya Air jadi Tersangka Baru Kasus Korupsi PT Timah, Ini Perannya

  • 02 Mei 2024 18:13:06
  • Views: 4

PIKIRAN RAKYAT - Pendiri Sriwijaya Air, Hendy Lie dan Fandy Lingga, telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi PT Timah dari tahun 2015 hingga 2022, menurut Kejaksaan Agung (Kejagung).

"Benar (keduanya Hendry Lie dan Fandy Lingga)," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Ketut Sumedana, Senin, 29 April 2024.

Apa Peran Bos Sriwijaya Air dalam Kasus Korupsi PT Timah?

Dalam kasus tersebut, Hendry Lie adalah Pemilik PT TIN, sedangkan Fandy Lingga (FL) adalah Marketing PT TIN. Keduanya terlibat dalam pengkondisian pembiayaan kerjasama penyewaan peralatan pemrosesan peleburan timah serta membentuk perusahaan boneka untuk melaksanakan aktivitas ilegal.

Selain mereka berdua, ada tiga tersangka lainnya, yaitu Suranto Wibowo, BN, dan Amir Syahbana, yang merupakan pejabat Dinas ESDM Provinsi Bangka Belitung.

Sriwijaya Air Group Tetap Beroperasional

Sriwijaya Air Group menyatakan operasional maskapai penerbangan Sriwijaya Air dan NAM Air tak terpengaruh meskipun adanya kasus dugana korupsi PT Timah 2015-2022. Kasus tersebut turut melibatkan pendidi Sriwijaya Air Hendry Lie.

"Operasional Sriwijaya Air dan NAM Air tak berpengaruh kasus timah. Sriwijaya Air Group tetap melayani para pelanggan setianya di tengah isu kasus timah yang berkembang beberapa hari ke belakang," kata Corporate Communication Sriwijaya Air Group Zaidan dalam keterangan tertulis, Rabu, 1 Mei 2024.

Zaidan mengatakan bahwa Sriwijaya Air Group tetap menjunjung tinggi profesionalisme dalam menjalankan operasional penerbangan.

"Kami tetap menjunjung tinggi profesionalisme dalam operasional penerbangan selama ini," ujar Zaidan.

Zaidan juga menyampaikan bahwa pihaknya tak menampik adanya satu pendiri Sriwijaya Air yang diduga tersandung kasus korupsi PT Timah, sebagaimana berita yang berkembang beberapa hari ke belakang.

Meski demikian, Zaidan mengatakan bahwa pada prinsipnya pihaknya menghargai proses hukum yang sedang berjalan. Zaidan juga menegaskan bahwa kasus tersebut tidak ada kaitannya dengan PT. Sriwijaya Air selaku entitas bisnis yang berbeda.

"Hal ini juga berpotensi pada gangguan layanan operasional pada penerbangan dan memastikan terimplementasi sesuai standar yang ada," ujar Zaidan.***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-018034346/bos-sriwijaya-air-jadi-tersangka-baru-kasus-korupsi-pt-timah-ini-perannya?page=all
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ketut Sumedana,
ministries Kejagung, Kejaksaan, Kejaksaan Agung,
topics BOS,
products timah,
places KEPULAUAN BANGKA BELITUNG, KEPULAUAN RIAU,
cities Bangka,
cases korupsi,
musicclubs APRIL,