Menteri Nadiem: Unair PTN Terbaik Pertama Sebagai Badan Hukum

  • 02 Mei 2024 17:28:08
  • Views: 7

TEMPO.CO, Jakarta - Universitas Airlangga (Unair) meraih penghargaan terbaik pertama kategori Perguruan Tinggi Negeri Sebagai Badan Hukum dari Mendikbud-Ristek. Unair mengantongi skor tertinggi yakni 95,50 dan penghargaan diterima langsung oleh Rektor Mohammad Nasih.

Penghargaan diberikan dalam ajang Anugerah Penghargaan Mendikbud-Ristek Atas Kinerja Anggaran, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP), dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang diselenggarakan pada Kamis, 2 Mei 2024. Menteri Nadiem Anwar Makarim mengatakan ajang ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dan komitmennya untuk menjalankan fungsi dalam kegiatan dan anggaran yang berkualitas, akuntabel, dan transparan. 

Nadiem menegaskan, penetapan dan pelaksanaan kebijakan serta penyelenggaraan kegiatan harus berfokus pada tiga hal: alokasi dan pemanfaatan yang berkualitas, berbasis kinerja, serta berorientasi dengan hasil yang maksimal. 

“Tiga hal tersebut harus senantiasa menjadi pedoman kita semua dalam melaksanakan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar, agar upaya-upaya untuk perbaikan pendidikan dan kebudayaan tercapai dan akan terus terakselerasi,” ucap Nadiem dikutip dari siaran pers, Kamis.

Nadiem menerangkan, penerapan sistem akuntabilitas kinerja, pengelolaan dan pemanfaatan anggaran pada masing-masing satuan kerja harus mengedepankan program-program prioritas. Ia juga mengimbau untuk tidak lupa terus melakukan kerja sama dalam menciptakan good governance. 

Iklan

“Dengan harapan, penghargaan SAKIP dan NKA ini menjadi pengingat semua satuan kerja untuk menguatkan komitmen dalam melayani masyarakat,” katanya. 

Rektor Unair Mohammad Nasih menilai penghargaan terbaik pertama pada tahun ini bukan hasil kinerja dan kontribusi dirinya sendiri, tapi juga rekan-rekannya di Unair. "Terima kasih atas kontribusi signifikannya,” kata dia. 

Pilihan Editor: Riset BRIN Sebut Penduduk Indonesia Hilang Usia 2,5 Tahun Karena Polusi Udara 


Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1863272/menteri-nadiem-unair-ptn-terbaik-pertama-sebagai-badan-hukum
Tokoh



Graph

Extracted

persons Prof. Dr. Mohammad Nasih,
ministries BRIN,
institutions UNAIR, Universitas Airlangga,
topics Good Governance,
products KIP,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,