MPR Lantik Anggota DPD Pengganti Arya Wedakarna yang Dipecat Jokowi

  • 02 Mei 2024 16:11:40
  • Views: 5


Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) melantik Gede Ngurah Ambara Putra sebagai anggota DPD RI asal Bali lewat mekanisme pergantian antar-waktu (PAW) pada Kamis (2/5). Ia menggantikan Arya Wedakarna (AWK).

"Tadi ada empat dari DPD menggantikan Pak AWK. Dan dari PPP menggantikan Arsul Sani, dari PKB dan dari NasDem," kata Bamsoet usai acara pelantikan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bamsoet juga melantik anggota MPR pengganti Arsul Sani yang kini menjabat sebagai hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Posisi Arsul digantikan oleh Munawaroh.

Kemudian, juga ada Sitti Maryam dari NasDem menggantikan Hasnah Syam yang meninggal dunia. Lalu, Qumi Husnuniyati menggantikan Nur Yasin yang juga meninggal dunia.

Sebelumnya, Badan Kehormatan DPD RI memberhentikan AWK sebagai anggota DPD RI daerah pemilih Bali. Pemberhentian itu diputuskan atas pengaduan masyarakat terkait dugaan pelanggaran tata tertib dan kode etik karena ucapan bernada diskriminasi.

Wakil Ketua BK DPD RI Made Mangku Pastika mengatakan pemberhentian Arya berdasarkan Pasal 48, ayat 1 dan 2 Peraturan DPD RI Nomor 1 Tahun 2021 Badan Kehormatan DPD RI.

Pernyataan Arya yang dianggap diskriminatif itu viral di media sosial. Arya meminta agar para frontliner di Bali tidak menggunakan penutup kepala apapun seperti yang dilakukan di negara-negara Timur Tengah. Buntut dari pernyataannya di video itu, MUI Provinsi Bali melaporkan AWK ke Bareskrim Polri atas dugaan penistaan agama.

AWK diduga melanggar pasal 45A ayat 2 UU RI Nomor 19 tentang perubahan atas UU RI nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik dan/atau pasal 156 KUHP dan pasal 156a ayat 1 KUHP tentang peristiwa tindak pidana SARA dan penistaan agama.

(mnf/tsa)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240502155443-32-1093133/mpr-lantik-anggota-dpd-pengganti-arya-wedakarna-yang-dipecat-jokowi
Tokoh







Graph

Extracted

persons Arsul Sani, Bambang Soesatyo, Joko Widodo,
ministries Bareskrim Polri, DPD, DPD RI, DPR RI, MK, MPR RI,
institutions MUI,
parties Nasdem, PKB, PPP,
topics KUHP,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cases penistaan agama,