Kemenaker Gandeng BKKBN Sediakan Fasilitas Pelayanan KB untuk Buruh di Tempat Kerja

  • 02 Mei 2024 15:38:17
  • Views: 6

Jakarta, Gatra.com - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengungkapkan bahwa, pihaknya bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyelenggarakan fasilitasi Pelayanan Keluarga Berencana (KB) Serentak di Tempat Kerja di seluruh Indonesia dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional yang jatuh setiap tanggal (1/5) dan Hari Keluarga Nasional Ke-31 Tahun 2024.

Ia mengatakan, penyediaan layanan KB merupakan salah satu jenis fasilitas kesejahteraan pekerja sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 100 Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.

“Masih berkaitan dengan kesehatan pekerja, khususnya terkait dengan kesehatan reproduksi, maka perlu memastikan kemudahan akses pelayanan Keluarga Berencana (KB) dan keberlangsungan penggunaan kontrasepsi bagi Pekerja,” kata Ida dalam acara Peringatan May Day di PT Puninar Logistic, Jakarta Utara, Rabu (1/5).

Menurutnya, rangkaian kegiatan fasilitasi pelayanan KB Serentak di Tempat Kerja akan dilaksanakan secara bersamaan di 34 Provinsi. Adapun, puncak peluncurannya akan dilaksanakan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah pada (15/5) mendatang.

Program Pelayanan KB Serentak di Tempat Kerja ini didukung juga melalui kegiatan dialog dan edukasi di beberapa lokasi untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya fasilitas kesejahteraan pekerja, stunting dan kesehatan reproduksi pekerja.

“Harapannya, kegiatan ini dapat menjaga kesehatan dan produktivitas para pekerja, yang pada akhirnya akan menjamin keberlangsungan usaha sehingga tercipta hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan,” pungkasnya.

11


Sumber: https://www.gatra.com/news-597700-nasional-kemenaker-gandeng-bkkbn-sediakan-fasilitas-pelayanan-kb-untuk-buruh-di-tempat-kerja.html
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ida Fauziyah,
ministries BKKBN,
topics Buruh,
events Hari Buruh, Hari Keluarga Nasional,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Kudus,
cases stunting,