Hujan Bikin Harga Bawang Merah Naik, Ini Langkah Pemerintah Atasi Paceklik

  • 02 Mei 2024 14:18:39
  • Views: 5

PIKIRAN RAKYAT - Badan Pangan Nasional (Bapanas) menyebut hujan sebagai faktor utama kenaikan harga bawang merah. Hal itu menyebabkan produksi bawang merah terganggu.

"Kalau dilihat dari sisi produksi, memang ada beberapa lokasi yang karena hujan terus. Menyebabkan produksi bawang merah agak sedikit mengganggu musim panen sekarang," kata Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan Bapanas, Rachmi Widiriani pada Rabu 1 Mei 2024.

Dia mengatakan bahwa dalam menjaga stabilitas harga bawang, Bapanas mengandalkan program Gerakan Pangan Murah. Program tersebut, salah satunya dilakukan di Jakarta sebagai daerah konsumen terbesar.

"Gerakan pangan murah itu, Bapanas ingin menjaga stabilisasi ke konsumen. Jangan sampai, masyarakat terdampak dari kenaikan harga bawang merah," ujar Rachmi Widiriani.

Dia pun membeberkan sejumlah wilayah sentra produsen bawang merah yang mengalami kendala saat panen. Di antaranya, Brebes, Ponorogo, hingga Lamongan.

"Ini yang bawa dari sentra produksi, ke wilayah sentra konsumen ini mengalami gangguan anomali iklim. Kemudian, disribusi itu ada jarak, bawang merah itu riskan," tutur Rachmi Widiriani.

Upaya Stabilkan Harga

Bapanas menyatakan, pemerintah terus berupaya menstabilkan harga bawang merah yang terus berfluktuasi. Menurut Rachmi Widiriani, selama dua minggu terakhir Bapanas melaksanakan gerakan pangan murah khusus bawang merah.

"Tujuannya untuk menstabilkan harga agar konsumen tidak terlalu terdampak," ucapnya.

Berdasarkan pantauan Bapanas, fluktuasi harga bawang merah terjadi karena gangguan di sentra-sentra produksi seperti Brebes, Ponorogo, dan Lamongan. Penyebabnya adalah anomali cuaca serta jarak transportasi yang membuat rentan komoditas ini.

Untuk mengatasinya, Bapanas menggunakan fasilitas distribusi untuk mempercepat dan memperlancar pengiriman barang kepada konsumen.

"Kami menanggung biaya transportasi sehingga harga jual kepada konsumen tidak terlalu tinggi," ujar Rachmi Widiriani.

Dengan langkah-langkah ini, Bapanas berupaya menjamin ketersediaan dan stabilitas harga bawang merah. Terutama di kota-kota besar yang merupakan sentra konsumen utama komoditas tersebut.

Gerakan Pangan Murah

Bapanas pun menggelar gerakan pangan murah selama dua minggu ini. Hal itu dilakukan, untuk mengantisipasi lonjakan harga komoditas pangan, seperti bawang merah.

"Gerakan pangan murah ini khusus untuk bawang merah masuk ke Jakarta. Hal ini dalam rangka stabilisasi di tingkat konsumen," tutur Rachmi Widiriani.

Menurutnya, langkah antisipasi ini dilakukan agar masyarakat tidak terlalu terdampak dengan peningkatkan harga bawang merah. Terlebih, produksi bawang merah ini terganggu karena faktor hujan yang terus turun.

"Ini menyebabkan produksi bawang merah agak sedikit terganggu. Utamanya di musim panen sekarang," kata Rachmi Widiriani.

Menurutnya, sejumlah daerah penghasil bawang merah mengalami gangguan anomali cuaca. Di antaranya, Brebes Jawa Tengah, Lamongan, dan Ponorogo, Jawa Timur.

"Kemudian di transportasinya juga berpengaruh karena ada jarak gitu ya. Bawang merah itu kan riskan," ujar Rachmi Widiriani.

Bapanas juga terus melakukan sejumlah antisipasi dengan kondisi tersebut. Salah satunya, dalam dua tahun terakhir menempatkan cold storage bawang merah di beberapa wilayah sentra.

"Kita tempatkan di Brebes, Solok, Bima dan Pidie. Bahkan terjauh dari daerah konsumen bawang merah," tutur Rachmi Widiriani.

Dia menekankan pentingnya distribusi bawang merah untuk mempercepat komoditasnya dari wilayah produksi ke wilayah konsumen bawang merah. Dengan demikian, maka harga jual di tingkat konsumen tidak terlalu tinggi selisihnya, jika dibandingkan harga di wilayah produsen.

"Kami punya instrumen fasilitasi distribusi, untuk wilayah-wilayah yang harganya tinggi itu dihubungkan dengan wilayah-wilayah sentra, biaya transportasinya diganti Bapanas," ucap Rachmi Widiriani.

"Si pelaku usaha yang mempunyai kerja sama dengan Bapanas masih punya margin," ujarnya menambahkan.***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-018034535/hujan-bikin-harga-bawang-merah-naik-ini-langkah-pemerintah-atasi-paceklik?page=all
Tokoh

Graph