Paloh Pamer Konsistensi NasDem Dukung Capres 'Tak Diterima' Pemerintah

  • 02 Mei 2024 13:48:10
  • Views: 2

Jakarta -

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh berbicara mengenai konsistensi partai NasDem mendukung Anies Baswedan sampai akhir Pilpres 2024. Padahal, Surya Paloh menyebut posisi partainya itu mengusung capres yang 'tak diterima' pemerintah terdahulu.

Hal itu disampaikan Surya Paloh dalam sambutannya di Akademi Bela Negara (ABN) NasDem di Jakarta Selatan, Kamis (2/5/2024). Awalnya, Paloh menyatakan sejak awal NasDem berada di barisan pemerintah yang mendukung Presiden Jokowi sampai akhir masa jabatan nanti.

"Untuk itulah, dengan selesainya pemilihan umum yang telah kita lalui dari barisan pemerintah yang mendukung Presiden Jokowi dan berkomitmen untuk tetap mendukung sampai akhir jabatannya, yang tinggal berapa bulan lagi," kata Paloh dalam sambutannya.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di sisi lain, Paloh menyebut setiap partai politik yang berada di pemerintahan tetap memiliki fleksibilitas untuk memilih capres yang hendak diusung dalam kontestasi Pilpres 2024. Dalam konteks Partai NasDem, pihaknya mencalonkan seorang presiden yang disebutnya tak diterima oleh pemerintah.

"Sejarah juga mencatat, ada ilustrasi katakanlah fleksibilitas partai dalam menguraikan dan menawarkan ide-ide, termasuk gagasan mencalonkan calon presiden yang barangkali dalam tanda kutip 'tidak diterima' oleh pemerintah yang dulu," jelasnya.

Lebih lanjut Paloh mengatakan NasDem tetap konsisten mendukung capres usungannya sampai akhir. Bersamaan dengan itu, NasDem juga konsisten mendukung pemerintahan Jokowi.

"Dia tetap berdiri tegak konsisten sampai selesai, tapi sisi lain dia juga konsisten menyatakan dukungan kepada pemerintah, dia upayakan seoptimal mungkin untuk dapat diberikan sebagai partai dengan konsisten memberikan dukungan," ucapnya.

Paloh menyatakan bahwa ini merupakan gaya berpolitik Partai NasDem. Namun, Surya menegaskan partainya juga menyikapi kekalahan secara realistis.

"Ini komunikasi politik gaya NasDem. Selesai pertandingan, kebetulan kita tidak menang, kita ucapkan selamat kepada pemenang NasDem tidak berpadu dalam mengutarakan kami terpilih lalu masuk barisan meminta sesuatu. Kita tetap menjaga nilai, values, harkat dan martabat kita. Tapi kita harus berpijak pada realisme politik itu sendiri," imbuhnya.

(taa/taa)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7321014/paloh-pamer-konsistensi-nasdem-dukung-capres-tak-diterima-pemerintah
Tokoh







Graph

Extracted

persons Anies Baswedan, Joko Widodo, Surya Paloh,
parties Nasdem,
topics Pilpres 2024,
places DKI Jakarta,