Feeling Jokowi: Indonesia Singkirkan Irak di Piala Asia U23 dan Lolos Olimpiade Paris 2024

  • 02 Mei 2024 13:21:44
  • Views: 2

PIKIRAN RAKYAT – Menjelang laga Indonesia vs Irak, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap harapannya agar Garuda Muda bisa lolos ke Olimpiade Paris 2024. Sekali pun kalah melawan Irak besok, Jokowi berharap Indonesia memenangi laga playoff melawan wakil Afrika, Guinea pada 9 Mei mendatang.

“Kita harapkan bisa masuk,” kata Jokowi di sela kunjungan kerjanya di Banyuwangi, Jawa Timur.

Jokowi optimistis Garuda Muda mampu menyingkirkan Irak di Abdullah bin Nasser bin Khalifa Stadium nanti dan menempati posisi ketiga di Piala Asia U23.

“Kalau feeling saya, (Timnas Indonesia) masuk Olimpiade, insya Allah,” ujarnya.

Sementara itu, merespons kekalahan Indonesia atas Uzbekistan, Jokowi memandangnya sebagai hal yang wajar. Dia mengapresiasi kinerja Garuda Muda yang bertahan sampai babak semifinal.

“Sebuah pertandingan itu pasti ada yang menang ada yang kalah. Saya melihat semangat dan perjuangan kerasnya timnas U23 meskipun memang belum membuat kemenangan,” kata Jokowi.

Peluang Lolos ke Olimpiade

Kekalahan Indonesia atas Uzbekistan tidak melunturkan kepercayaan diri pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Ia optimistis Garuda Muda bisa meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024.
Menurutnya, Indonesia sudah berusaha maksimal saat melawan Uzbekistan. Namun, dia mengakui di Uzbekistan bermain lebih baik.

"Kami tetap mempunyai peluang untuk melaju ke olimpiade, jadi kami akan mempersiapkan diri dengan bagus untuk bisa lolos ke olimpiade," kata Shin Tae-yong dalam keterangan resminya, Selasa, 30 April 2024.

Shin Tae-yong mengatakan timnya tampak kehilangan kepercayaan diri kala berhadapan dengan Uzbekistan. Padahal, di tiga laga sebelumnya, Garuda Muda tampil impresif dengan mengalahkan tim-tim kuat seperti Australia, Yordania, dan dan Korea Selatan.

“Saya pikir sebelum memulai pertandingan, para pemain merasa gugup. Hal ini memengaruhi tim kami sehingga tidak bisa bermain dengan baik," ujar Shin Tae-yong.

Nobar di Istana

Presiden Joko Widodo tidak ingin absen menonton laga Indonesia melawan Uzbekistan di Piala Asia U23 yang digelar Senin malam. Jokowi menggelar nonton bareng (nobar) pertandingan tersebut bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) dan relawan di Istana Kepresidenan Jakarta.

Salah satu menteri yang diundang adalah Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) sekaligus Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi. Budi menyambut undangan tersebut dengan antusias.

"Ya, Pak Presiden mengundang kami semua untuk hadir menyaksikan nobar semifinal AFC U23 Indonesia melawan Uzbekistan," kata Budi di Istana, Senin, 29 April 2024.

Budi menyebut undangan yang sama juga dikirim Jokowi ke 10 menteri dan sejumlah perwakilan relawan Jokowi. Menteri yang dimaksud antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Masuki Hadimuljoyo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subianto.***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-018034750/feeling-jokowi-indonesia-singkirkan-irak-di-piala-asia-u23-dan-lolos-olimpiade-paris-2024?page=all
Tokoh

















Graph