Memanas! Filipina Protes ke Diplomat China Soal Tembakan Meriam Air

  • 02 Mei 2024 12:49:30
  • Views: 1

Manila -

Departemen Luar Negeri Filipina memanggil seorang pejabat senior pada Kedutaan Besar China di Manila untuk memprotes tembakan meriam air, yang dilepaskan kapal Penjaga Pantai Beijing terhadap kapal patroli Manila di Laut China Selatan.

Seperti dilansir AFP, Kamis (2/5/2024), otoritas Filipina menyebut insiden itu sebagai "pelecehan terhadap kapal-kapal Filipina". Dalam insiden tersebut, dua kapal Filipina ditembak dengan meriam air oleh kapal Penjaga Pantai China yang berpatroli di dekat Scarborough Shoal yang dikuasai China.

Scarborough Shoal merupakan terumbu karang yang terletak di dekat Filipina, namun dikuasai oleh China. Scarborough Shoal beberapa kali menjadi titik konflik di perairan Laut China Selatan yang menjadi sengketa kedua negara.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kedua kapal Filipina yang ditembak meriam air itu, satu kapal milik Penjaga Pantai Filipina (PCG) dan satu kapal lainnya milik Biro Perikanan dan Sumber Daya Perairan (BFAR), disebut sedang menjalankan misi menyalurkan pasokan kepada nelayan-nelayan Filipina yang sedang mencari ikan di perairan tersebut.

"Filipina memprotes pelecehan, penabrakan, pengepungan, pembuntutan, dan pemblokiran, manuver-manuver berbahaya, penggunaan meriam air, dan tindakan-tindakan agresif lainnya yang dilakukan oleh kapal-kapal Penjaga Pantai China dan Milisi Maritim China (terhadap kapal pemerintah Filipina)," tegas Departemen Luar Negeri Filipina dalam pernyataannya.

Otoritas Filipina menyatakan pihaknya telah memanggil Zhou Zhiyong, yang merupakan pejabat tinggi nomor dua di Kedutaan Besar China di Manila, terkait insiden di Laut China Selatan pada 30 April lalu.

"Tindakan agresif China, khususnya penggunaan meriam air, menyebabkan kerusakan pada kapal PCG dan BFAR. Filipina menuntut agar kapal-kapal China segera meninggalkan Bajo de Masinloc dan area sekitarnya," tegas Departemen Luar Negeri Filipina, menggunakan sebutan Manila untuk Scarborough Shoal.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.


Sumber: https://news.detik.com/internasional/d-7320891/memanas-filipina-protes-ke-diplomat-china-soal-tembakan-meriam-air
Tokoh

Graph

Extracted

nations Filipina, Republik Rakyat Cina,
cities Beijing, Manila,
musicclubs APRIL,