Warga Dievakuasi, Ribuan Bangunan Rusak

  • 02 Mei 2024 11:51:09
  • Views: 3

Jakarta -

Gunung Ruang di Sulawesi Utara (Sulut) erupsi lagi. Puluhan ribu warga di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara (Sulut), dievakuasi usai erupsi Gunung Ruang.

BMKG mengungkapkan sebanyak tujuh bandara ditutup sementara imbas erupsi Gunung Ruang. Berikut fakta-fakta peristiwanya.

Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara (Sulut), kembali erupsi pada Selasa (30/4/2024). Dilansir detikSulsel, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menetapkan status Awas pada gunung tersebut.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental yang menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik pada Gunung Ruang, maka tingkat aktivitas Gunung Ruang dinaikkan dari Level III (Siaga) menjadi Level IV (Awas)," ujar Kepala PVMBG Hendra Gunawan dalam keterangannya, Selasa (30/4/2024).

Pihaknya mencatat ada 15 kali gempa guguran, 237 gempa vulkanik dangkal, 425 kali gempa vulkanik dalam, 15 kali gempa tektonik lokal, 6 kali gempa tektonik jauh.

"Pada tanggal 30 April 2024 pukul 00.15 Wita sampai terjadinya erupsi pukul 01.15 WITA dan terus berlangsung intens sampai surat kenaikan status ini dibuat," tambah Hendra.

Potret Gunung Ruang erupsi lagi (Foto: via REUTERS/CENTER FOR VOLCANOLOGY AND GEOLO)2. Waspada Tsunami

PVMBG mengimbau masyarakat agar waspada terhadap potensi tsunami imbas dari erupsi Gunung Ruang. Peringatan ini dipicu dari runtuhnya material erupsi masuk ke laut.

"Masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai, agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan tsunami akibat material erupsi yang masuk ke laut/runtuhnya tubuh gunung api ke dalam laut," kata Hendra.

3. 7 Bandara Ditutup Sementara

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan sebanyak tujuh bandara ditutup sementara usai Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara (Sulut) erupsi. Penutupan dilakukan karena abu vulkanik yang terus menyebar.

"Setidaknya ada 7 bandara. Otoritas beberapa bandara telah menutup aktivitasnya sejak kemarin (Selasa 30 April 2024)," ujar Kepala Stasiun Pemantau Atmosfer Global (SPAG) Lore Lindu Bariri Asep Firman Ilahi, Rabu (1/5/2024).

Tujuh bandara tersebut adalah:

Bandara Internasional Sam Ratulangi di Kota Manado,Bandara Djalaludin di Gorontalo,Bandara Siau di Kepulauan Sitaro,Bandara Naha di Kepulauan Sangihe,Bandara Lolak di Bolaang Mongondow (Bolmong),Bandara Miangasm, danBandara Melonguane di Kepulauan Talaud.

Baca di halaman selanjutnya.


Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7320740/6-fakta-gunung-ruang-erupsi-warga-dievakuasi-ribuan-bangunan-rusak
Tokoh





Graph

Extracted

persons Gunawan, Hendra Gunawan,
companies Reuters, Surge,
ministries BMKG, PVMBG,
organizations API,
topics Gempa, Tsunami,
places DKI Jakarta, GORONTALO, SULAWESI UTARA,
cities Gunung, Manado,
musicclubs APRIL,