Pasukan Ukraina di Dekat Chasiv Yar yang Terkepung Disebut Sangat Membutuhkan Amunisi

  • 02 Mei 2024 11:33:14
  • Views: 1

Syafira | Kamis, 02/05/2024 04:04 WIB

Seorang prajurit Ukraina berjalan di dekat bangunan yang hancur, di kota garis depan Chasiv Yar di wilayah Donetsk, Ukraina 5 Maret 2024. REUTERS

DEKAT CHASIV YAR - Pasukan Ukraina yang mempertahankan benteng strategis di timur Chasiv Yar mengatakan mereka masih menunggu amunisi baru setelah Amerika Serikat menyetujui paket bantuan militer besar, di tengah meningkatnya serangan dari pasukan Rusia dan pesawat tak berawak.

Tentara Moskow bergerak maju ke barat Avdiivka, sebuah kota yang direbutnya pada bulan Februari, dan pasukannya telah mencapai pinggiran Chasiv Yar, tujuan besar lainnya yang memungkinkan mereka menguasai tempat yang lebih tinggi dan menargetkan kota-kota lebih jauh ke barat.

Oleh Shyriaiev, komandan Batalyon Serangan Terpisah ke-225 Ukraina yang bertempur di dekat Chasiv Yar, mengatakan lebih banyak peluru artileri akan membantu unitnya mempertahankan posisi mereka.

“Saya berharap kami segera menerima peluru artileri,” katanya, berbicara di sebuah pos komando dekat kota. Dia menambahkan bahwa amunisi yang dipasok oleh sekutu telah membuat perbedaan yang signifikan di medan perang di masa lalu.

“Saya menyaksikan kejadian setahun yang lalu ketika Wagner maju,” katanya, mengacu pada pasukan tentara bayaran Rusia yang kuat yang telah dibubarkan. “Kami menerima munisi tandan yang mengubah situasi secara signifikan dan kami berhasil melakukan serangan balik.”

Munisi tandan dilarang oleh banyak negara namun telah digunakan oleh kedua belah pihak dalam konflik Ukraina. Kyiv telah bersumpah untuk menggunakannya hanya untuk mengusir konsentrasi tentara musuh.

Pasukan yang lebih terlatih dan senjata jarak jauh juga akan membantu Ukraina mempertahankan wilayahnya dengan lebih efektif, kata Shyriaiev.
“Jika kami mendapatkan senjata jarak jauh, para pemimpin kami akan memutus (pasukan Rusia) dari logistik dan pasokan.”

Ukraina telah menerima beberapa rudal jarak jauh dari sekutunya, yang telah digunakan untuk menyerang lapangan udara Rusia, depot amunisi, pos komando, dan konsentrasi pasukan.

Rusia mengatakan pada hari Selasa bahwa Ukraina telah menyerang Krimea dengan Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat (ATACMS) yang diproduksi AS dalam upaya untuk menembus pertahanan udara Rusia di semenanjung yang dianeksasi tersebut, namun enam diantaranya telah ditembak jatuh.

Menurut Shyriaiev, unitnya hampir terus-menerus diserang oleh drone Rusia. Mereka dapat terbang pada malam hari maupun siang hari, karena dilengkapi dengan kamera pencitraan termal yang memungkinkan pilot jarak jauh mengidentifikasi target.

Pejuang Rusia mencapai titik kontak menggunakan kendaraan termasuk sepeda quad, dan meskipun mengalami kerugian besar, mereka berhasil menempatkan pasukan Ukraina di bawah tekanan berat.

“Mereka menderita kerugian besar, pasukan kami banyak membunuh mereka,” katanya tentang Rusia. “Tetapi saya harus menekankan bahwa musuh memiliki banyak UAV (kendaraan udara tak berawak) yang berdampak signifikan pada situasi di sini.”

Kedua belah pihak mengalami banyak korban jiwa sejak invasi Rusia pada awal tahun 2022. Namun, dengan jumlah tentara yang jauh lebih besar serta persenjataan dan amunisi yang lebih banyak, Rusia kini lebih unggul di wilayah timur Ukraina, tempat pertempuran paling sengit sedang berlangsung.

Shyriaiev tetap yakin bahwa pasukan Rusia tidak akan memasuki Chasiv Yar pada tanggal 9 Mei, ketika Rusia merayakan Hari Kemenangan dalam Perang Dunia Kedua. Beberapa pejabat Ukraina mengatakan bahwa Moskow mungkin ingin merebut kota itu tepat pada waktunya.

Komandan tersebut mengatakan pasukannya telah menerima lebih banyak kendaraan lapis baja dan drone baru-baru ini yang memudahkan logistik termasuk kemampuan batalionnya untuk mengevakuasi tentara yang terluka.

KEYWORD :

Serangan Rusia Balas Ukraina Kekurangan Amunisi


Sumber: https://www.jurnas.com/artikel/155100/Pasukan-Ukraina-di-Dekat-Chasiv-Yar-yang-Terkepung-Disebut-Sangat-Membutuhkan-Amunisi/
Tokoh

Graph

Extracted

companies Reuters,
organizations Garis,
nations Amerika Serikat, Rusia, Ukraina,
places Sumatera Utara,
cities Moskow,
transportations sepeda,