Selain Hardiknas, Tanggal 2 Mei Memperingati Hari Apa Saja?

  • 02 Mei 2024 05:24:10
  • Views: 2

Jakarta -

Tanggal 2 Mei diperingati sejumlah hari penting nasional dan internasional. Di Indonesia, 2 Mei memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Secara internasional, 2 Mei memperingati Hari Kakak Adik, Hari Kata Sandi, dan Hari Ikan Tuna.

Peringatan hari penting nasional dan internasional tersebut memiliki sejarah, makna, dan tujuannya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang peringatan-peringatan tersebut, simak uraian hari-hari penting yang diperingati tanggal 1 Mei berikut ini:

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati setiap tanggal 2 Mei di Indonesia. Ini merupakan peringatan hari penting nasional yang dirayakan dalam rangka memperingati pentingnya peranan sistem pendidikan bagi kemajuan bangsa Indonesia.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tanggal 2 Mei dipilih sebagai Hari Pendidikan Nasional karena bertepatan dengan tanggal lahir Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hadjar Dewantara. Penetapan tersebut sesuai Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 305 tahun 1959.

Peringatan Hardiknas tanggal 2 Mei setiap tahunnya diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). Untuk tahun ini, tema Hardiknas 2024 adalah "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar".

Secara internasional, tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Kakak dan Adik Internasional (Brothers and Sisters Day). Menurut situs National Today, peringatan ini dimaksudkan untuk menghormati ikatan yang dimiliki oleh saudara-saudari kandung, serta untuk memperkuat atau memperbaiki hubungan yang rusak atau kurang baik.

Hari Kakak Adik Internasional ini terinspirasi oleh Claudia Evart, seorang warga New York yang mendirikan yayasan Siblings Day (Hari Saudara) yang menyadari bahwa ia tidak pernah mengatakan kepada saudara laki-lakinya dengan benar bagaimana perasaannya yang sebenarnya terhadapnya sampai setelah kematiannya.

Hari Kata Sandi Sedunia

Tanggal 2 Mei juga diperingati Hari Kata Sandi Sedunia (World Password Day). Seperti dilansir situ National Today, perusahaan Intel adalah yang menciptakan peringatan ini, yang diperingati setiap hari Kamis pertama di bulan Mei, Untuk tahun 2024 ini bertepatan pada tanggal 2 Mei.

Tujuan peringatan ini adalah untuk mengatasi kebutuhan penting akan kata sandi yang kuat sehingga tidak mudah untuk diretas. Saat ini, sebagian besar sistem operasi telah menawarkan cara mudah untuk membuat dan menyimpan kata sandi. Atau bis ajuga membuat kata sandi yang praktis anti peretas.

Hari Ikan Tuna Sedunia

Tanggal 2 turut memperingati Hari Ikan Tuna Sedunia (World Tuna Day). Dikutip dari situs National Today, pemilihan tanggal 2 Mei sebagai Hari Tuna Sedunia adalah bahwa tanggal ini merupakan pencapaian komunitas nelayan, ilmuwan, dan pemerhati lingkungan yang bersatu untuk melindungi kawanan tuna di seluruh dunia dan membantu menciptakan model penangkapan ikan yang berkelanjutan.

Mengapa ada Hari Tuna Sedunia? Karena tuna adalah salah satu ikan yang paling kuat dan penting di laut. Tuna adalah salah satu yang paling menarik dalam hal ukuran, kekuatan, kelincahan, dan kecepatan. Selain itu, tuna merupakan salah satu hewan terpenting bagi ekonomi dan nutrisi manusia. Spesies tuna mewakili 20% dari nilai seluruh perikanan laut dan lebih dari 8% dari seluruh makanan laut yang diperdagangkan secara global.

(wia/imk)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7317829/selain-hardiknas-tanggal-2-mei-memperingati-hari-apa-saja
Tokoh

Graph

Extracted

nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities New York,