Profil Wang Wenbin, Jubir Menlu China yang Sebut Amerika Munafik

  • 01 Mei 2024 18:02:49
  • Views: 14

 CHINA - Wang Wenbin merupakan seorang politikus dan diplomat China atau Tiongkok yang memiliki jabatan sebagai juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok. Wang Wenbin juga menjabat sebagai wakil direktur Departemen Penerangan Kementerian Luar Negeri dan anggota Partai Komunis Tiongkok.

Beliau merupakan juru bicara ke-32 dengan pengalamannya yang pernah bekerja di kedutaan besar Tiongkok di Mauritius dan Senegal serta pernah menjabat sebagai Duta Besar Tiongkok untuk Tunisia dari tahun 2018-2020.

Dilansir Wikipedia, Wang Wenbin lahir di Anhui, Tiongkok pada bulan April 1971. Beliau pernah bersekolah di Sekolah Menengah Nanjing Jinling kemudian pada tahun 1989 berkuliah di Universitas Luar Negeri Tiongkok dengan jurusan bahasa Prancis. Wang langsung ditugaskan di Kementerian Luar Negeri begitu lulus kuliah.

Selain jabatan yang sudah disebutkan sebelumnya, Beliau pernah menjabat sebagai wakil direktur dan direktur Kantor Penelitian Kebijakan, penasihat Departemen Perencanaan Kebijakan, dan wakil direktur Departemen Perencanaan Kebijakan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Wang Wenbin pernah mengecam kemunafikan AS atas klaimnya terkait hak asasi manusia dan demokrasi pada tahun 2021 ketika jumpa pers rutin. Melansir China Daily, juru bicara Kementerian Luar Negeri Wang Wenbin menentang perlakuan Washington yang mendiskreditkn citra Hong Kong dengan menggunakan hak asasi manusia dan demokrasi sebagai alasan.

Wang Wenbin mengecap tindakan Amerika Serikat ini sebagai kemunafikan adalah karena AS memuji kekerasan dan kejahatan yang terjadi di Hong Kong namun menganggap perlindungan berbasis hukum pemerintah Hongkong terhadap hak-hak masyarakat serta ketertiban umum sebagai pelanggaran hak asasi manusia dan kebebasan. Selain itu juga melihat bagaimana sikap keras AS terhadap Irak, Suriah, hingga Afghanistan yang justru membawa ketidakstabilan serta kekacauan bagi dunia mengungkapkan kemunafikan klaim AS terkait hak asasi manusia dan demokrasi.


Sumber: https://news.okezone.com/read/2024/05/01/18/3003138/profil-wang-wenbin-jubir-menlu-china-yang-sebut-amerika-munafik
Tokoh

Graph