Aplikasi Soal UTBK Sempat Mati pada Hari Pertama, Bagaimana Kemungkinannya Hari Ini?

  • 02 Mei 2024 03:30:00
  • Views: 4

TEMPO.CO, Bandung - Hari kedua Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai jalur kedua penyaringan masuk perguruan tinggi negeri dijadwalkan Kamis, 2 Mei 2024. Sebelumnya pada ujian hari pertama Selasa 30 April, soal UTBK di komputer seketika mati secara massal di sejumlah kampus lokasi ujian di Indonesia.

“Tim pengembangan optimistis bahwa kejadian hari pertama tidak akan terjadi lagi, melihat kasus hari pertama pun sudah dapat tertangani di semua pusat UTBK,” kata Wakil Ketua I Tim Penanggung Jawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024, Rina Indiastuti, Rabu 1 Mei 2024.

Menurut Rina, permasalahan yang muncul pada hari pertama sudah dapat diidentifikasi dan diinventarisasi. Beberapa kasus pada hari pertama juga sudah terselesaikan di lokasi-lokasi yang mengalami kendala tersebut.

“Saat ini tim pengembangan sedang melakukan optimasi baik dari sisi aplikasi, jaringan dan konfigurasi sekaligus melakukan pengujian terbatas di tim pengembangan,” ujar Rina yang juga Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad). Universitas itu menjadi koordinator UTBK 2024.

Rina menjelaskan, pengembangan teknologi informasi untuk kepentingan UTBK ini dilakukan dengan tahapan analisis, desain, coding, uji coba, dan implementasi. Secara teknis seluruh tahapan tersebut sudah dilakukan. “Saat uji coba pun tidak ditemukan kendala,” kata dia. 

Iklan

Namun, menurut Rina, perlu dipahami bahwa implementasi dengan melibatkan sebanyak 373 server lokal yang berada di 553 lokasi ujian memiliki masalah yang bervariasi. Misalnya, kemampuan sumber daya manusia yang menjadi admin server dan teknisi dalam menyiapkan server dan infrastruktur jaringan.

Kemudian soal koneksi server lokal ke server pusat yang mungkin terkendala dengan koneksi internet. Selain itu diakui pula koordinasi tim pelaksana dari Pusat UTBK perguruan tinggi negeri ke mitra yang kurang maksimal karena terkendala jarak yang jauh terutama lokasi-lokasi di luar Jawa. “Tentu ini menjadi bahan evaluasi untuk selanjutnya,” kata Rina.

UTBK pada jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dijadwalkan berlangsung antara satu hingga dua gelombang di tiap Pusat UTBK tergantung jumlah peserta yang ikut ujian. Gelombang pertama mulai 30 April – 7 Mei, kemudian gelombang kedua 14 - 20 Mei 2024. Setiap hari ujian dibagi menjadi dua sesi yaitu pagi dan siang selewat tengah hari.

Pilihan Editor: Aksi Mahasiswa Pro-Palestina di Amerika, Columbia University Lockdown Kampus


Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1862954/aplikasi-soal-utbk-sempat-mati-pada-hari-pertama-bagaimana-kemungkinannya-hari-ini
Tokoh



Graph

Extracted

persons Rina Indiastuti,
institutions Columbia University, UNPAD,
topics lockdown,
nations Amerika Serikat, Indonesia, Palestina,
places JAWA BARAT,
cities bandung,
musicclubs APRIL,