Menaker Sebut Masa Depan Buruh RI tergantung Kompetensi dan Daya Saing

  • 01 Mei 2024 22:22:10
  • Views: 4

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan bahwa masa depan dunia ketenagakerjaan Indonesia sangat ditentukan oleh kompetensi dan daya saing pekerja atau buruh. Dua hal ini, kata dia akan berperan besar terhadap daya saing negara.

“Masa depan bangsa Indonesia sangat ditentukan oleh seberapa kompeten dan seberapa kompetitif pekerja atau buruh kita," katanya dalam keterangan resmi pada Rabu, 1 Mei 2024, atau bertepatan pada Hari Buruh Internasional.  

Ida menilai, masa depan dunia ketenagakerjaan akan dipenuhi dengan dinamika dunia usaha dan dunia industri yang sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan informasi. Hal tersebut tecermin dari kondisi saat ini yang telah memasuki era digitalisasi.

"Oleh karenanya, secara khusus, saya mengajak teman-teman pekerja atau buruh untuk terus berupaya meningkatkan kompetensi dan daya saing," kata Ida. 

Menurut Ida, peningkatan kompetensi dan daya saing pekerja atau buruh memiliki dua tujuan utama. Pertama, meningkatkan keterampilan, keahlian, kemampuan dan kapasitas mereka sehingga kariernya dapat meningkat. Kedua, peningkatan kompetensi dan daya saing untuk membekali diri dengan berbagai keterampilan dan kompetensi untuk alih profesi.

“Untuk menghadapi masa depan ketenagakerjaan, menjadi terampil saja tidak cukup. Kita harus terus menerus mengasah diri, meningkatkan kapasitas diri, agar kita selalu bisa beradaptasi dengan perubahan,” tutur Ida.

Iklan

Ida mengklaim Kemnaker telah menyiapkan berbagai instrumen untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing para pekerja atau buruh. Instrumen tersebut di antaranya pelatihan vokasi melalui program Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas bagi pekerja atau buruh. Hingga saat, ini Kemnaker telah membangun 8 BLK Komunitas bagi serikat pekerja dan buruh.

“Jumlah ini tentu masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah pekerja dan buruh kita. Ke depan, kami akan memperluas lagi akses peningkatan kompetensi bagi para pekerja dan buruh kita,” katanya.

Selain BLK Komunitas, BLK atau Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas juga terbuka bagi pekerja atau buruh yang ingin meningkatkan keterampilan dan kompetensi mereka. Instrumen yang disediakan tak hanya untuk membekali keterampilan bagi angkatan kerja baru, namun juga untuk meningkatkan keterampilan dan alih keterampilan bagi angkatan kerja lama atau pekerja dan buruh. Ida menyadari bahwa instrumen tersebut belum cukup memfasilitasi seluruh pekerja dan buruh di Indonesia.

"Oleh karenanya, pada momen May Day ini, saya mengajak kementerian/lembaga, pemerimtah daerah dan pihak-pihak untuk bersama-sama menjadikan topik peningkatan kompetensi pekerja dan buruh ini sebagai isu bersama."

Pilihan Editor: Dampak Erupsi Gunung Ruang, 5 Bandara di Sulawesi Masih Ditutup Sementara Hari Ini


Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1862946/menaker-sebut-masa-depan-buruh-ri-tergantung-kompetensi-dan-daya-saing
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ida Fauziyah,
ministries Kemnaker, Menaker,
topics Buruh,
events Hari Buruh,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Gunung,