4 Kali Gempa Menggoyang Garut dari Berbagai Sumber, Ini Data BMKG

  • 01 Mei 2024 22:04:39
  • Views: 4

TEMPO.CO, Jakarta - Garut dan sebagian wilayah di Jawa Barat kembali digoyang gempa pada Rabu malam, 1 Mei 2024. Menurut data BMKG, gempa berkekuatan Magnitudo 4,0 terjadi pada pukul 20.35 WIB.

Berbeda dari yang terjadi pada pagi sebelumnya, gempa terkini berpusat di laut. Episentrum tepatnya berjarak 93 kilometer arah barat daya Kabupaten Bandung dengan kedalaman 24 kilometer.

Sejumlah daerah yang terguncang paling kuat adalah Cidora, Pamengpeuk, Cisewu, Bungbulang, Talegong yang seluruhnya berada di Garut. Satu daerah lainnya adalah Singaparna di Tasikmalaya.

BMKG mengungkap intensitas dampak guncangan gempa di daerah-daerah itu terukur pada skala III MMI. Itu setara getaran gempa yang dirasakan nyata di dalam rumah seakan ada truk melintas.

Sebelumnya, gempa juga mengguncang pukul 10.06 WIB. Gempa berkekuatan M4,2 berpusat di darat, 20 kilometer arah tenggara Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada kedalaman 4 kilometer.

Tembok bangunan rumah roboh akibat gempa di Desa Sukamulya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu, 28 April 2024. BPBD Ciamis mencatat sebanyak 22 rumah di 12 Kecamatan di Kabupaten Ciamis mengalami kerusakan akibat guncangan gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,5 di barat daya Garut. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Iklan

BMKG menyebut pemicunya aktivitas Sesar Garut Selatan. Saat itu dampak guncangannya dirasakan di wilayah Majalaya, Ciwidey, Banjaran, Cibereum, Pangalengan, dan Garut pada skala intensitas III MMI.

Garut juga terdampak guncangan gempa M3,7 pada Senin pagi lalu. Pusatnya berada di laut, 84 kilometer barat daya Kabupaten Pangandaran.

Juga saat gempa M6,5 terjadi dari laut selatan, 156 kilometer barat daya Garut, pada Sabtu menjelang tengah malam, 27 April 2024. Intensitas guncangan saat itu bahkan sampai skala IV MMI atau lebih kuat dirasakan banyak orang di dalam rumah untuk kejadian gempa siang hari. 

Pilihan Editor: Sosiolog Unair Bicara Sebab Indonesia Sumbang Pemain Judi Online Terbanyak


Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1862944/4-kali-gempa-menggoyang-garut-dari-berbagai-sumber-ini-data-bmkg
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BMKG, BPBD,
institutions UNAIR,
topics Gempa,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities bandung, Garut, Tasikmalaya,
musicclubs APRIL,