P4S jadi pusat pelatihan milenial di Aceh Besar

  • 01 Mei 2024 21:11:19
  • Views: 2

Banda Aceh - Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar menyatakan kehadiran Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) di daerah itu menjadi pusat pelatihan bagi mahasiswa dan milenial serta petani untuk meningkatkan kesejahteraan.

"Alhamdulillah kehadiran P4S dapat dirasakan manfaatnya oleh peternak dan petani di Aceh Besar, selain menambah nilai ekonomi bagi peternak juga memberikan manfaat bagi petani dan mahasiswa," kata Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Aceh Besar Jakfar di Montasik, Rabu.

Pernyataan itu disampaikan Jakfar di sela-sela Ngobrol Asik (Ngobras) Penyuluhan On The Spot (OTS) dengan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan RI Dedi Nursyamsi di Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Aceh Tani Lestari Gampong Bak Dilib.

Ia menjelaskan Aceh Besar memiliki limaunit P4S, yakni Agro Saree Aceh di Gampong Suka Damai Lembah Seulawah, Agro Kreatif Seulawah di Gampong Lambada Seulimuem, Bandar Lamkoeta Seulawah di Gampong Saree Leumbah Seulawah, Langgang Jaya Pratama di Gampong Lambaro Bileu Blang Bintang, dan Aceh Tani Lestari di Gampong Bak Dilip Montasik.

Baca Juga :

Kabar Gembira, Kemensos Beri Beragam Pelatihan Bagi Penyandang Disabilitas

"Lima unit P4S ini selalu kita kontrol dan kita lakukan pembinaan serta menjadi pusat pelatihan bagi mahasiswa dan milenial," katanya.

Menurut dia, di Aceh Besar ada kelompok tani milenial dan ada gampong korporasi sapi yang dikelola oleh milenial dengan jumlah sapi sekitar 200 ekor.

Ia mengatakan Aceh Besar memiliki potensi pertanian cukup besar sehingga perlu adanya keyakinan dari para petani untuk mengoptimalkan potensi itu untuk meningkatkan produksi dan kesejahteraan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan RI Dedi Nursyamsi mengapresiasi P4S Aceh Tani Lestari yang dapat memanfaatkan limbah padi dan limbah sawit untuk pakan ternak.

Baca Juga :

Basarnas Mamuju latih 50 potensi SAR di Sulbar

"Dengan pemberian pakan dari limbah tersebut akan menghasilkan ekonomi yang cukup besar, salah satunya adalah feses dan urine sapi," katanya.


Redaktur : -

Penulis : Antara, Arif


Sumber: https://koran-jakarta.com/p4s-jadi-pusat-pelatihan-milenial-di-aceh-besar?page=all
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BPPSDMP, Kemensos, Kementan,
places Aceh, SULAWESI BARAT,
cities Banda Aceh, Mamuju,
animals Sapi,