Pengamat Nilai Peran Oposisi Sangat Dibutuhkan, Sikap PDIP dan PKS Jadi Harapan

  • 01 Mei 2024 17:17:12
  • Views: 1

JAKARTA, iNews.id - Pengamat politik, Hendri Satrio menilai peran oposisi sangat dibutuhkan dalam pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Justru berbahaya jika tidak ada parpol yang mengambil peran sebagai oposisi.

Hal ini disampaikan pria yang akrab disapa Hensat dalam dialog spesial Rakyat Bersuara bertajuk 'Ramai Koalisi Negeri Tanpa Oposisi' yang digelar iNews, Selasa (30/4/2024).

Baca Juga

Saksikan Rakyat Bersuara Ramai Koalisi, Negeri Tanpa Oposisi Bersama Aiman di iNews Malam Ini

"Sekarang kalo dalam pemerintahan, tidak ada yang miliki suara kritis, mau jadi apa pemerintahannya. Kualitas programnya itu siapa yang mau nilai? Maksud saya adalah, tetap saja Pak Prabowo butuh kelompok kritis," kata Hensat dalam paparannya.

Dia pun berharap ada partai politik yang akan mengisi peran tersebut dalam pemerintahan ke depan. Secara khusus, dia menaruh harapan kepada PDIP dan PKS sebagai partai politik yang sudah berpangalaman berada di luar pemerintahan.

Baca Juga

Anies Bicara Oposisi di Depan Surya Paloh: Ketika Berada di Luar, Konsisten

"Saya sih berdoa PDI Perjuangan dan PKS tetap di luar," ujarnya.

Hensat menilai jika PDIP dan PKS memutuskan untuk berada di luar pemerintahan, maka keduanya sudah mengambil peran yang sangat luar biasa.

Baca Juga

JK Puji Prabowo Rangkul Banyak Parpol dan Tokoh, tapi Perlu Ada Oposisi untuk KoreksiĀ 

"Bayangkan saja, kalau misalkan PDI Perjuangan dan PKS berada di luar, sangat mungkin kan terjadi rekonsiliasi ideologis antara PKS yang kanan banget, dan PDI Perjuangan yang Nasionalis yang katanya kiri banget. Nah itu kalau dua-duanya bersatu, itu luar biasa banget," pungkasnya.

Editor : Faieq Hidayat


Sumber: https://www.inews.id/news/nasional/pengamat-nilai-peran-oposisi-sangat-dibutuhkan-sikap-pdip-dan-pks-jadi-harapan
Tokoh











Graph