Sri Mulyani Tekankan Pentingnya Kekuatan APBN untuk Efektivitas Transisi Energi

  • 01 Mei 2024 15:19:37
  • Views: 4

TEMPO.CO, Jakarta - Indonesia melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menekankan pentingnya kekuatan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) untuk efektivitas transisi energi.

“Dibutuhkan APBN yang sehat dan kuat serta strategi menarik pendanaan global yang efektif untuk dapat menjalankannya (transisi energi) secara efektif dan sustainable,” kata Sri Mulyani dalam keterangannya di akun Instagram resmi @smindrawati, seperti dikutip di Jakarta, Rabu, 1 Mei 2024.

Menkeu mengatakan terdapat tiga tantangan dan pilihan pelik dalam upaya transisi energi, yaitu energy security, energy sustainability, dan energy affordability.

Menurut Sri Mulyani, energi merupakan kebutuhan dasar manusia, sehingga menjadi tantangan pembangunan untuk menyediakan energi (energy security) yang terjangkau bagi masyarakat (energy affordability).

Di sisi lain, perhatian mengenai aspek keberlanjutan planet untuk menghindari ancaman katastropik perubahan mengharuskan transisi menuju energi hijau dan terbarukan (energy sustainability).

Selanjutnya: Sementara proses menuju transisi energi tidak hanya rumit dan kompleks....


Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1862831/sri-mulyani-tekankan-pentingnya-kekuatan-apbn-untuk-efektivitas-transisi-energi
Tokoh



Graph

Extracted

persons Sri Mulyani Indrawati,
companies Instagram,
ministries Kemenkeu,
topics APBN,
places DKI Jakarta,