20 Ribu Buruh Akan Gelar Demo di Kantor Gubernur Jatim

  • 01 Mei 2024 08:28:30
  • Views: 4

Surabaya: Sebanyak 20 ribu buruh di wilayah ring satu Jawa Timur bakal tumpah di Kantor Gubernur Jatim, Surabaya. Mereka akan turun ke jalan untuk memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day setiap 1 Mei 2024. "Ada sekitar 20 ribuan yang nanti turun ke jalan, nanti dipusatkan di depan kantor Gubernur Jatim," kata Wakil Sekretaris DPW Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Nuruddin Hidayat, Selasa, 30 April 2024.   Nuruddin mengatakan aksi ini rencananya akan dimulai dengan berkumpul di Bundaran Waru sekitar pukul 12.00 WIB. Kemudian buruh akan bergerak bersama dan diperkirakan tiba di kantor Gubernur Jatim sekitar pukul 14.00 WIB. Adapun rute jalan yang dilewati massa aksi meliputi Jl. Ahamad Yani – Jl. Darmo – Jl. Basuki Rahamat – Jl. Embong Malang – Jl. Baluran – Jl. Bubutan – Jl. Kebon Rojo – dan terakhir Jl. Pahlawan. "Kami mengimbau kepada masyarakat, khsususnya pengendara pengguna jalan umum, agar menghindari jalan-jalan tersebut pada hari Rabu tanggal 1 Mei 2024," jelasnya. Dalam aksi ini, kata dia, ada beberapa hal yang akan disuarakan. Pertama, terkait pencabutan Undang-Undang (Omnibus Law) Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja Menjadi Undang-Undang. Kemudian menolak upah murah karena dinilai rendah oleh buruh, meminta penghapusan outsourcing, serta mewujudkan perda tentang sistem jaminan pesangon. "Perda tentang Sistem Jaminan Pesangon ini merupakan janji politik Gubernur Khofifah dan Ketua DPRD Jatim pada saat tahun pertama beliau menjabat untuk periode 2019-2024. Namun hingga akhir masa jabatan Gubernur Khofifah Perda Sistem Jaminan Pesangon ini tidak kunjung terealisasi," ujarnya.

Surabaya: Sebanyak 20 ribu buruh di wilayah ring satu Jawa Timur bakal tumpah di Kantor Gubernur Jatim, Surabaya. Mereka akan turun ke jalan untuk memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day setiap 1 Mei 2024.
 
"Ada sekitar 20 ribuan yang nanti turun ke jalan, nanti dipusatkan di depan kantor Gubernur Jatim," kata Wakil Sekretaris DPW Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Nuruddin Hidayat, Selasa, 30 April 2024.
  Nuruddin mengatakan aksi ini rencananya akan dimulai dengan berkumpul di Bundaran Waru sekitar pukul 12.00 WIB. Kemudian buruh akan bergerak bersama dan diperkirakan tiba di kantor Gubernur Jatim sekitar pukul 14.00 WIB.
 
Adapun rute jalan yang dilewati massa aksi meliputi Jl. Ahamad Yani – Jl. Darmo – Jl. Basuki Rahamat – Jl. Embong Malang – Jl. Baluran – Jl. Bubutan – Jl. Kebon Rojo – dan terakhir Jl. Pahlawan.
"Kami mengimbau kepada masyarakat, khsususnya pengendara pengguna jalan umum, agar menghindari jalan-jalan tersebut pada hari Rabu tanggal 1 Mei 2024," jelasnya.
 
Dalam aksi ini, kata dia, ada beberapa hal yang akan disuarakan. Pertama, terkait pencabutan Undang-Undang (Omnibus Law) Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja Menjadi Undang-Undang.
 
Kemudian menolak upah murah karena dinilai rendah oleh buruh, meminta penghapusan outsourcing, serta mewujudkan perda tentang sistem jaminan pesangon.
 
"Perda tentang Sistem Jaminan Pesangon ini merupakan janji politik Gubernur Khofifah dan Ketua DPRD Jatim pada saat tahun pertama beliau menjabat untuk periode 2019-2024. Namun hingga akhir masa jabatan Gubernur Khofifah Perda Sistem Jaminan Pesangon ini tidak kunjung terealisasi," ujarnya.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(DEN)


Sumber: https://www.medcom.id/nasional/daerah/GKdPdEWK-20-ribu-buruh-akan-gelar-demo-di-kantor-gubernur-jatim
Tokoh



Graph

Extracted

persons Khofifah Indar Parawansa,
companies Google,
ministries DPRD,
organizations FSPMI,
topics Buruh, Cipta Kerja,
events Hari Buruh,
products Omnibus Law,
nations Indonesia,
places JAWA TIMUR,
cities Malang, Surabaya,
musicclubs APRIL,