2 Calon Kabupaten Baru di Provinsi Jawa Barat ini Siap Mekar, Pecahan dari Kabupaten Sukabumi

  • 01 Mei 2024 05:54:50
  • Views: 7

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM - Terdapat sebuah informasi yang menyebutkan jika di Provinsi Jawa Barat ada calon kabupaten baru yang siap dimekarkan dari Kabupaten Sukabumi.

Ada 2 nama yang dikabarkan adalah calon kabupaten baru yang akan dimekarkan dari Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat.

Jika nanti 2 calon kabupaten baru benar-benar menjadi daerah otonomi baru alias dimekarkan dari Kabupaten Sukabumi maka Provinsi Jawa Barat akan memiliki banyak kabupaten kota.

Baca Juga: Jawa Barat Disebut Butuh 9 Kabupaten Baru, Wilayah Mana Saja yang Disetujui Pemerintah?

Simak berikut ini apa saja nama-nama daerah yang kabarnya adalah calon kabupaten baru siap mekar dari Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat.

1. Kabupaten Sukabumi Utara

Nama calon kabupaten baru yang kabarnya akan dimekarkan dari Kabupaten Sukabumi yang pertama adalah Kabupaten Sukabumi Utara.

Berdasarkan informasi yang berkembang, sudah diusulkan agar kabupaten ini segera menjadi daerah otonomi baru.

Sejumlah kecamatan yang akan masuk di kabupaten ini diantaranya adalah Kecamatan Bojong Genteng, Kecamatan Caringin, Kecamatan Ciambar dan Kecamatan Cibadak.

Baca Juga: Dilepas Jawa Barat, Kabupaten 346 Tahun Ini Miliki Nama Baru Setelah Resmi Gabung Provinsi Jakarta, Jadi Apa?

Masih ada banyak lagi kecamatan yang diusulkan masuk ke wilayah tersebut seperti Kecamatan Cicantayan, Kecamatan Cicurug, Kecamatan Cidahu dan Cireunghas.

Termasuk Kecamatan Cisaat, Kecamatan Geger Bitung, Kecamatan Gunungguruh, Kecamatan Kabandungan, Kecamatan Kalapanunggal, Kecamatan Kadudampit.

Serta Kecamatan Kebonpedes, Kecamatan Nagrak, Kecamatan Parakansalak, Kecamatan Parungkuda, Kecamatan Sukabumi, Kecamatan Sukalarang dan Kecamatan Sukaraja.

Total ada 21 kecamatan yang nanti menjadi bagian wilayah Kabupaten Sukabumi Utara jika nanti berdiri.

Adapun rencana mengenai letak atau lokasi yang akan menjadi pusat ibukota kabupaten itu akan berada di Kecamatan Cibadak.

2. Kabupaten Jombang

Ada 1 nama lain yang juga dikabarkan akan segera dimekarkan dari Kabupaten Sukabumi.

Yaitu adalah kabupaten Jombang. Kabupaten ini menurut informasi sudah diusulkan untuk segera dibentuk menjadi DOB.

Baca Juga: Hayu Merapat! 8 Tempat Nobar Semifinal Timnas Garuda U-23 di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

Kabupaten Jombang nantinya akan meliputi Kecamatan Cibitung, Kecamatan Cidadap, Kecamatan Cidolog, Kecamatan Cimanggu dan Cilacap.

Tak hanya itu saja, beberapa kecamatan seperti Kecamatan Curugkembar, Kecamatan Jampang Kulon, Kecamatan Jampang Tengah juga akan masuk ke kabupaten itu.

Termasuk dengan Kecamatan Kalibunder, Kecamatan Lengkong, Kecamatan Nyalindung, Kecamatan Pabuaran, Kecamatan Purabaya, Kecamatan Sagaranten, Kecamatan Surade, Kecamatan Tegal Buleud dan Kecamatan Waluran juga akan masuk ke kabupaten tersebut.

Total ada 18 kecamatan yang nantinya akan masuk dan membentuk Kabupaten Jombang.

Itulah informasi mengenai 2 calon kabupaten baru yang akan dimekarkan dari Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat sebagaimana dikutip Ayobandung.com dari akun YouTube Mahasiswa Geografi, Selasa 30 April 2024. ***


Sumber: https://www.ayobandung.com/umum/7912554974/2-calon-kabupaten-baru-di-provinsi-jawa-barat-ini-siap-mekar-pecahan-dari-kabupaten-sukabumi?page=all
Tokoh

Graph

Extracted

companies YouTube,
bumns Garuda Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, JAWA TENGAH, JAWA TIMUR,
cities Cilacap, Sukabumi, Sukabumi Utara, Sumedang, Tegal,
musicclubs APRIL,