Relawan Nilai Jokowi Tak Cawe-cawe soal Prabowo Ngaku 'Disiapkan'

  • 01 Mei 2024 03:52:41
  • Views: 4

Jakarta -

Presiden terpilih Prabowo Subianto mengungkit peran Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mempersiapkan dirinya maju di Pilpres 2024 lalu. Relawan Jokowi menegaskan pernyataan Prabowo bukan bermakna cawe-cawe Jokowi.

"Bukan (cawe-cawe Jokowi). Jadi gini, kadang-kadang cawe-cawe ini dikonotasikan negatif padahal Undang-Undang Pemilu kita membolehkan presiden itu mendukung siapa dan itu halal, gitu loh. Tapi yang paling terpenting itu Pak Jokowi tidak melakukan abuse of power atau intervensi," kata Ketum Relawan Solmet Silfester Matutina kepada wartawan di Medi Center TKN, Jakarta Selatan, Selasa (30/4/2024) malam.

Silfester menganggap maksud pernyataan Prabowo ialah Jokowi mementingkan keberhasilan suksesor pemerintahan. Menurutnya, saat ini RI menghadapi tantangan global yang sulit.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Mungkin ya maksudnya Pak Prabowo itu memang Pak Jokowi waktu itu bersama kami juga memang menginginkan ada penerus beliau, yang benar-benar induk. Kita saat ini menghadapi situasi global yang tidak menentu. Jadi tentunya harus mempunyai pemimpin yang kuat, pemimpin yang mampu membawa bangsa menjadi maju," kata Silfester.

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran ini menilai Jokowi memiliki preferensi kepada Prabowo atas hal itu. Karena itulah, menurutnya, Prabowo menyampaikan bahwa dirinya disiapkan oleh Jokowi.

"Makanya Pak Jokowi intinya melihat Pak Prabowo-lah sosok yang ideal di situ dan juga Pak Prabowo juga selama ini kan sudah kerja sama dengan Pak Jokowi, sudah tahu bahwa tantangan itu beliau lebih tahu karena sering berdiskusi antara Pak Jokowi dan Pak Prabowo," kata Silfester.

"Makanya ini kalau bilang mempersiapkan saya pikir bisa jadi juga benar begitu karena memang maunya Pak Jokowi benar-benar sosok yang kuat, sosok yang tidak dibawa pengaruh pemilik partai, politisi jahat, pengusaha hitam, atau pengaruh dari negara-negara asing, sosok itu ada di Prabowo," lanjut dia.

Banyak Relawan Kompeten

Dia tak masalah dengan rencana komposisi kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming usai NasDem dan PKB menyatakan gabung koalisi pemerintahan. Silfester mengatakan tak sedikit tokoh dari elemen relawan yang juga memiliki kompetensi bagus.

"Oh nggak, nggak (khawatir) sama sekali. Ya namanya relawan sih kita tulus-tulus aja ya membantu memenangkan Pak Prabowo dan Mas Gibran dan juga dulu kita memenangkan Pak Jokowi di 2014-2019 toh kita nggak pernah minta apa-apa gitu loh. Yang penting beliau berdua mempunyai komitmen untuk membangun bangsa," kata Silfester.

Silfester menyebut ada tokoh dari kelompok relawan yang juga kalangan profesional sehingga dianggap layak terlibat di pemerintahan selanjutnya. Meskipun begitu, dia tetap menyerahkan kewenangan komposisi kabinet kepada presiden dan wapres terpilih, Prabowo dan Gibran.

"Tapi juga yang saya pikir dari teman-teman relawan juga ada yang kompeten ya, yang profesional, yang juga berjuang berdarah-darah, bersama-sama. Saya pikir kalau memang mau dilibatkan ya silakan saja," kata Silfester.

Prabowo sebelumnya menyampaikan tentang hubungannya dengan Jokowi saat ini. Dia pun mengungkit soal peran Jokowi dalam mempersiapkan dirinya maju Pilpres 2024.

"Dan untuk itu saya harus sampaikan di sini betapa besar Pak Joko Widodo menyiapkan saya. Saudara-saudara sekalian, beliau seorang yang boleh saya katakan sangat teliti, beliau sangat teliti, mungkin karena itu saya kalah dua kali sama beliau," kata Prabowo diiringi tawa hadirin dalam acara Halalbihalal PBNU di Kramat Raya, Jakarta Pusat, Minggu (28/4).

(fca/aik)
Sumber: https://news.detik.com/pemilu/d-7319021/relawan-nilai-jokowi-tak-cawe-cawe-soal-prabowo-ngaku-disiapkan
Tokoh







Graph

Extracted

persons Gibran Rakabuming Raka, Joko Widodo, Prabowo,
organizations PBNU,
parties Nasdem, PKB,
topics Pilpres 2024,
places DKI Jakarta,
cities Kramat,